Home / Ekbis / Diskopnakertrans NTT Gelar Bimtek Aplikasi Si-Donal
Kasi Fasilitas Usaha Koperasi dan UKM Diskopnakertrans Provinsi NTT, Hendrik Riwu, sedang memberikan materi dalam Bimtek Si-Donal di Kupang, Jumat(8/11/2019) //Foto: Delegasi.Com(hermen jawa)

Diskopnakertrans NTT Gelar Bimtek Aplikasi Si-Donal

KUPANG, Delegasi.Com Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem Informasi Data Online (SI-DONAL) Usaha mikro Kecil dan Menengah(UMKM).

Kegiatan yang melibatkan aparatur sebagai petugas operator/pengelola data UMKM untuk 22 Kabupaten/kota se-NTT itu berlangsung selama dua hari, yang berlangsung 8 -9 November 2019 di Aula BLUD Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, NTT.

Kasi Fasilitas Usaha Koperasi dan UKM Diskopnakertrans Provinsi NTT Hendrik Riwu salah satu  pemateri dalam Bimtek itu.

Hendrik dalam pemaparannya menjelaskan, aplikasi SI-DONAL merupakan aplikasi yang dimaksudkan untuk mengoptimasi Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) secara online terintegrasi di-22 kabupaten/kota se-NTT

Kasi Fasilitas Usaha Koperasi dan UKM Diskopnakertrans Provinsi NTT Hendrik Riwu, saat menggelar jumpa pers usai memberikan materi dalam Bimtek Si-Donal di Kupang, Jumat(8/11/2019) //Foto: Delegasi.Com(hermen jawa)

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah IUMK secara online, terintergrasinya IUMK yang offline menjadi online, mengoptimalisasi data UMKM by name by address, tercapainya target RPJMD dan mempermudah pemangku kepentingan untuk mengakses data UMKM secara online.

Kepada wartawan usai kegiatan hari pertama, Hendrik Riwu, mengaku kaget karena terdapat biaya yang ditanggung para pelaku UKM untuk mendapatkan NPWP.

Ia mengatakan, kepengurusan NPWP dan layanan lainnya tanpa biaya alias gratis. Namun dalam jalannya kegiatan, terdapat informasi di beberapa kabupaten ternyata terdapat pembayaran untuk mendapatkan NPWP.

“Saya juga kaget ada NPWP yang bayar, padahal tidak bayar. Hanya ada beberapa kabupaten yang ada bayar untuk NPWP dan lainnya. Kita perlu cross check,” katanya.

Dijelaskan, aplikasi SI-DONAL yang dibuat merupakan aplikasi yang sejalan dengan kebijakan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS).

“Dari provinsi buat aplikasi ini untuk mereka bisa dapat izin usaha, ini kan terintegrasi dan melengkapi OSS. Jadi kita tidak bertentangan dengan aturan yabg lebih tinggi,” jelas Hendrik.

Ia mengatakan, aplikasi SI-DONAL memiliki keunggulan tersendiri yang memberikan kemudahan-kemudahan.

“Kita memiliki keunggulan di daerah sendiri dibandingkan OSS, kalau OSS kita hanya isi profil itu lalu kita print dan dapat izin usaha. Akan tetapi kalau aplikasi SI-DONAL kita isi profil dan kita dapat sekian banyak tabel data,” ungkapnya.

Di kabupaten/kota kata dia, tidak perlu mengetik laporan data-data secara offline, karena telah terintegrasi dan secara online.

“Seperti pencapaian RPJMD kita hanya dua dalam bidangnya kami yakni pertumbuhan UMKM secara keseluruhan di NTT dan pertumbuhan di destinasi pariwisata estate, sehingga target saya itu, karena apapun yang kita lakukan tapi tidak mencapai target RPJMD itu percuma,” paparnya.

Pertumbuhan UKM terus didorong terus lewat data online SI-DONAL dan data para pelaku UKM bisa didapatkan by name dan by address.

“Termasuk pertumbuhan destinasi pariwisata estate, itu kan baru kita lakukan, begitu Pemerintah menetapkan kita masukan datanya sehingga betul-betul website ini,” papar Hendrik.

“Contohnya Lasiana merupakan destinasi wisata Kota Kupang, kita kategorikan destinasi pariwisata estate, kita pakai lokusnya kecamatan,” tambah dia.

//Delegasi.Com(hermen jawa)

Komentar ANDA?

About Delegasi Online

Check Also

Kanwil  BPN NTT Selenggarakan Ekspose Pengendalian Pertanahan

KUPANG, DELEGASI.COM – Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional  Nusa Tenggara Timur selenggarakan kegiatan fullboard/fullday ekspose ...