Home / Opini / Tahun depan TP PKK Kota Kupang Deteksi AIDS/HIV di Kalangan ASN
Tim Pengerak PKK Kota Kupang. //Foto: Istimewa

Tahun depan TP PKK Kota Kupang Deteksi AIDS/HIV di Kalangan ASN

KUPANG,DELEGASI.COM– Tim Penggerak  Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Kupang, berkomitmen menjalankan 10 program pokoknya, yakni Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana RT, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan berkoperasi, Kelestarian Lingkungan dan Perencanaan Sehat.

Pokja I TP PKK adalah salah satu bidang yang fokus pada Pembinaan Karakter Keluarga. Penjabarannya  mengunggulkan program pola asuh anak dan remaja dengan penuh cinta dan kasih sayang dalam keluarga. Hal tersebut disampaikan Ketua Pokja I Hj Balkis S.Tanof saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (03/12/2019).

Kepada RakyatNTT.com, Balkis menyampaikan bahwa Pokja I telah bermitra dengan KPAI dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kupang dengan melakukan Sosialisasi HIV/AIDS bagi masyarakat Kota Kupang pada 22 Agustus 2019 lalu. Termasuk sosialisasi juga untuk Forum Anak, siswa/siswi SD dan SMP, guru pendamping dan Kader PKK yang berada di kelurahan dengan jumlah peserta 250 orang.

Ia juga menyampaikan tujuan kegiatan tersebut agar peserta mempunyai pengetahuan tentang bahaya HIV/AIDS, terutama bagi remaja usia produktif karena bisa terjadi penularan HIV melalui hubungan seks berganti-ganti pasangan dan melalui penggunaan jarum suntik yang tidak steril saat memakai narkoba. “Sehingga dengan pengetahuan tersebut bisa ada perubahan perilaku sekaligus sebagai  agen sosialisasi bagi peer group, begitu pun guru dan forum anak,” kata Balkis.

Ia juga menambahkan terkait data kuantitas jumlah pengidap HIV/AIDS di Kota Kupang, menduduki peringkat teratas di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diakibatkan dari meningkatnya mobilisasi penduduk. Maka perlu dilakukan tindakan kekebalan sosial untuk  meminimalisir penularan HIV/AIDS serta dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat.

“Terutama kaum muda dan orang tua tentang bahaya HIV/AIDS, TP PKK  Kota Kupang melalui Pokja I bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang  secara intens dimulai dari bulan Oktober sampai  Desember telah melakukan sosialisasi HIV/AIDS di 51 kelurahan dan sampai bulan November sudah 27 kelurahan yang merespon  untuk melakukan kegiatan sosialisasi HIV/AIDS,” pungkas dosen feminis ini.

Balkis menambahkan, dengan melibatkan narasumber dari Puskesmas yang berada di kecamatan dan  kelurahan dalam sosialisasi tersebut, juga dapat membangun jaringan relasi “mendekatkan ” Kader pokja I dengan Petugas setempat, apabila  ada warga  yang terinfeksi HIV bisa segera ditangani bersama dengan Kader WPA dan KPAD Kota.
“Dengan Kegiatan Sosialisasi HIV AIDS Secara holistik kepada masyarakat di kelurahan diharapkan dapat mendukung kegiatan Pemerintah Kota Kupang, yaitu Kupang Sehat dan Kupang Hijau, setiap kegiatan sosialisasi , dianjurkan kepada peserta atau remaja maupun orang tua untuk berpartisipasi secara sukarela dalam pembangunam dengan memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam pohon dan menanam air untuk pelestarian lingkungan hidup dengan  semangat gotong royong

Kemudian menurut Balkis  yang juga salah satu Alumni Universutas Nusa Cendana Kupang,  Fisip Sosiologi ini, bahwa pada Tahun 2020 nanti para kaum istri ASN itu akan kembali bekerja sama dengan lembaga penanganan HIV/AIDS yang ada, untuk melakukan pencegahan dini dengan melakukan test DNA kepada seluruh ASN dalam lingkup Pemkot.

“Tahun 2020 Pokja 1 TP PKK Kota Kupang akan melakukan Kegiatan Sosialisasi HIV AIDS , Dengan Sasaran adalan ASN di Pemkot Kupang, Para Kadis , Lurah , Camat , karang Taruna,  bekerjasama dengan Pemkot Kupang untuk Melakukan Pemeriksaan Darah dan VCT , sebagai terobosan deteksi dini HIV AIDS bagi PNS,” ungkap pemerhati Gender NTT ini.

//delegasi(*/tim)

Komentar ANDA?

About Delegasi Online

Check Also

Kebebasan Seks Berujung Khilafah

Hari ini ada Parade Mujahid 212. Seruannya menegakkan khilafah di Indonesia. Terlihat dari spanduk-spanduk yang ...