Home / Polkam / Tiga Anak Positif Corona, NTT 76 Kasus
Sekretaris 1 Gugus Tugas Covid-19 NTT drg Dominikus Minggu Mere didampingi Jubir Gugus Tugas Covid-19 NTT Dr Marius Ardu Jelamu saat memberikan keterangan pers pada Senin (18/5/2020) siang. // Foto: Pos Kupang

Tiga Anak Positif Corona, NTT 76 Kasus

KUPANG, DELEGASI.COM – Virus Corona ( Covid-19) tidak hanya menjangkiti orang dewasa. Anak-anak juga rentan karena kekebalan tubuh masih belum terbentuk secara sempurna. Saat ini sudah tiga anak NTT dinyatakan positif Corona, berdasarkan hasil Swab test.

Dirilis Pos kupang.com, tiga anak pasien Corona tersebar di Kota Kupang, Kabupaten Rote Ndao dan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Kasus anak positif Corona terbaru ditemukan di Kota Kupang.

“Berdasarkan hasil swab di Laboratorium Biomolekular RSUD Prof WZ Johannes Kupang, ada tambahan tiga kasus positif baru dari transmisi lokal di Kota Kupang dan dua kasus dari klaster Magetan di Kabupaten Ende. Dari tiga kasus yang berasal dari transmisi lokal, satunya menimpa anak-anak,” sebut Juru Bicara Gugus Tugas.

Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu, Selasa (19/5/2020). “Ketiganya itu kerabat yang berkontak erat dengan almarhum, pasien positif yang sudah meninggal. Salah satunya anak anak usia di bawah sepuluh tahun,” tambah Marius.

Dua anak telah terlebih dahulu terpapar Corona. Satu kasus di Rote Ndao dan satunya lagi di TTS. Mereka terpapar karena kontak langsung terhadap pasien positif Covid-19 yang merupakan kerabat dekat.

Marius menjelaskan, imun anak-anak masih belum maksimal maka mereka mudah terpapar. Ia mengimbau kepada para ibu untuk memperhatikan anak-anak agar tidak terpapar Covid-19.

Selain itu, tetap memperhatikan dan menjaga kesehatan dengan memperhatikan protokol kesehatan. “Perhatian terhadap anak-anak usia mereka seperti apa. Anak anak harus diimunisasi, para ibu harus bawa anak ke Posyandu, Puskesmas atau Rumah Sakit supaya imun mereka lebih kuat,” imbuhnya.

Sekretaris I Gugus Tugas Covid-19 NTT Dominikus Minggu Mere tidak merinci jumlah anak terpapar Covid-19. Ia mengatakan, total pasien positif Covid-19 sudah mencapai 76 kasus.

“Dari 76 kasus positif Covid-19 ini, ada 6 orang sembuh dan 1 meninggal dunia. Saat ini sedang dalam perawatan sebanyak 69 orang,” jelas Domi Mere.

Menurutnya, dengan bertambah tiga kasus baru dari transmisi lokal, maka total kasus positif Corona di Kota Kupang menjadi 18 kasus. Enam pasien sudah sembuh dan satu pasien meninggal dunia.

Sementara itu berdasarkan data yang diunggah di webside Covide-19 Provinsi NTT, jumlah paparan positif Covid-19 kategori umur 6 sampai 19 tahun sebanyak 18 orang. Terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan.

Terpisah, Bupati TTS Egusem Piether Tahun mengatakan, berdasarkan hasil test Swab, pasien 02 berinisial AHST negatif Corona. Bocah berusia 3 tahun itu sempat dirawat di RSUD SoE bersama sang ayah. Namun, telah dibawa kembali ke rumahnya untuk dirawat oleh ibunya.

Sebelumnya, hasilnya rapid test bocah tersebut reaktif. “Sempat dikarantina bersamaan sang ayah yang sudah dinyatakan positif Corona. Kemarin hasil swab test-nya negatif. Oleh sebab itu, anak AHST langsung kita pulangkan ke rumahnya sehingga bisa dirawat ibunya,” jelas Bupati Tahun saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten TTS, Selasa (19/5).

 

//delegasi(*/hermen)

 

Komentar ANDA?

About Delegasi Online

Check Also

PKB NTT Salurkan Bantuan 10.000 paket Sembako

KUPANG, DELEGSSI.COM – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NTT menyalurkan 10.000 paket ...