18 Wilayah  di NTT Waspada Hujan Deras Dua Hari ke depan

Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan sebanyak 18 daerah di Nusa Tenggara Timur berstatus waspada potensi hujan deras selama dua hari ke depan //Foto: Delegasi.com(piter Jabur)

DELEGASI.COM, KUPANG – Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan sebanyak 18 daerah di Nusa Tenggara Timur berstatus waspada potensi hujan deras selama dua hari ke depan.

“Masyarakat di 18 daerah yang berpotensi dilanda hujan lebat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko bencana hidrometeorologi,” kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi di Kupang, Rabu, (9/2), dilansir Antara.

Ia mengatakan hal itu berksitan dengan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di wilayah NTTT pada 10-11 Februari 2022.

BACA JUGA:

Akibat Cuaca Buruk Tiga Pelayaran ASDP di NTT Batal Berangkat

Agung menyebutkan daerah-daerah dengan status waspada hujan lebat di antaranya Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Alor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende.

Selain itu Nagekeo, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya.

Ia mengatakan potensi hujan deras tersebut harus diwaspadai karena dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, maupun sambaran petir.

Agung menyarankan agar masyarakat tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak ada urusan yang sangat mendesak ketika sedang terjadi hujan deras.

BACA JUGA:

Bakal Terjadi Cuaca Ekstrim di NTT, 10 Kabupaten Diminta Waspada

“Tetap waspada mengamankan diri serta barang-barang atau dokumen penting agar selamat dari ancaman bencana,” katanya.

Ia memempersilakan masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini dapat langsung menghubung pihaknya yang membuka pelayanan informasi selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380)881613 atau whatsapp 081139404264.

BACA JUGA:

Renggut Nyawa 12 Orang Akibat Cuaca Ekstrim Elnino Landa NTT

Selain itu juga bisa melalui website: meteoeltari.com; email: met_kupang@yahoo.com, maupun aplikasi mobile apps INFO BMKG.

//delegasi(Ant)

Komentar ANDA?