Home / Ekbis / 201 Koperasi di Nusa Tenggara Timur Bakal Dibubarkan
Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi Provinsi NTT bersama para kepala cabang koperasi TLM dan Talenta dalam Diklat dan Uji Kompetensi di Hotel Naka, Kota Kupang, Senin (10/6/2019)//Foto:Pos Kupang

201 Koperasi di Nusa Tenggara Timur Bakal Dibubarkan

Kupang, Delegasi.Com – Sebanyak 201 koperasi di wilayah NTT siap dibubarkan.Dan
310 koperasi dilakukan revitalisasi atau dihidupkn kembali kalau tidak dibubarkan

Demikian ditegaskan Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ahmad Abas usai membuka Diklat dan Uji Kompetensi bagi para kepala cabang koperasi TLM dan Talenta di Kupang Senin (10/6/2019), seperti dirilis Pos Kupang.

Ahmad menjelaskan, jumlah koperasi di NTT per 31 Desember 2018 mencapai 4.146 unit. Koperasi aktif 3.365 unit dan yang tidak aktif 511 unit.

“Ada 201 unit siap dibubarkan dan 310 koperasi dilakukan revitalisasi atau dihidupkn kembali kalau tidak dibubarkan,” ungkapnya.

Selain tidak lagi aktif, 201 koperasi dimaksud menurut Abas ditemukan banyak penyimpangan yakni tidak sejalan dengan jati diri dan nilai atau prinsip koperasi.

Ada juga oknum yang salah paham menggunakan badan hukum koperasi untuk kepentingan pribadi.

Saat ini katanya, Kementerian Koperasi dan Dinas Koperasi di setiap Provinsi sudah berkoordinasi membentuk Satgas Pengawas Koperasi.

“Temasuk juga di NTT sudah ada Satgas di setiap daerah. Tugas mereka yakni mengawasi jalannya koperasi-koperasi dan menertibkan koperasi-koperasi yang melakukan penyimpanan,” tegasnya.
//delegasi(PK/ger)

Komentar ANDA?

About Delegasi Online

Check Also

Petani Didorong Kembangkan Pertanian Organik

Kupang,Delegasi.Com – Petani di NTT harus didorong untuk mengembangkan sistem pertanian organik dalam rangka mendukung ...