Home / Polkam / Akhirnya Megawati dan SBY Bertemu dalam Peringatan HUT RI di Istana
Bertemu dua
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berjabat tangan dengan mantan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri usai acara memperingati Hari Kelahiran Pancasila di Gedung Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR), Jakarta, Selasa (1/6/2010). Pada 1 Juni 1945 Bung Karno menyampaikan pidato tentang dasar-dasar bernegara yang kemudian diperingati sebagai Hari Kelahiran Pancasila. (KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN )

Akhirnya Megawati dan SBY Bertemu dalam Peringatan HUT RI di Istana

Jakarta, Delegasi.com – Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono akan bertemu. Jika tak ada perubahan rencana, keduanya akan sama-sama menghadiri peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Kamis (17/8/2017) pagi ini.

Dirilis kompas.com, Kepala Divisi Komunikasi Partai Demokrat Imelda Sari mengkonfirmasi kehadiran SBY. Menurut Imelda, Ketua Umum Partai Demokrat itu akan hadir bersama istrinya, Ani Yudhoyono.

“Presiden RI ke6 SBY dan Ibu Ani Yudhoyono akan hadir pada upacara peringatan Detik Detik Proklamasi di Istana Merdeka besok,” kata Kepala Divisi Komunikasi Partai Demokrat Imelda Sari, Rabu (16/8/2017) malam.

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto, juga membenarkan bahwa Megawati berencana hadir pagi ini.

“Sampai tadi malam rencananya datang,” kata Hasto.

Selama sepuluh tahun SBY menjabat sebagai Presiden RI, Megawati tidak pernah hadir dalam upacara di Istana.

Sementara, saat Jokowi mulai menjabat, Megawati rutin selama dua tahun berturut-turut hadir di istana saat peringatan kemerdekaan. Saat tak lagi menjadi presiden, giliran SBY yang selama dua tahun absen.

Kali ini, kedua tokoh nasional itu akan kembali dipertemukan dalam momen hari kemerndekaan RI. Terakhir, pertemuan keduanya terjadi dalam suasana duka saat meninggalnya suami Megawati, Taufiq Kiemas, pada tahun 2013, Taufiq Kiemas. SBY ketika itu memimpin upacara penghormatan terakhir kepada Ketua MPR itu.

Semenjak itu, mereka tak pernah berada dalam satu acara bersama. Pada acara dialog kebangsaan yang dilakukan LIPI awal pekan ini, Megawati dan SBY menjadi pembicaranya. Namun, SBY tiba ke lokasi acara saat Megawati pergi.//delegasi(kompas)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Ditemukan pengungsi bencana NTT reaktif COVID-19 di Kota Kupang

KUPANG, DELEGASI.COM – Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ...