Home / Polkam / Akhirnya Uskup Ruteng Mengundurkan diri
Uskup Leteng
Paus Fransiskus sudah menerima surat pengunduran diri dari jabatan sebagai pemimpin pastoral Keuskupan Ruteng yang diajukan oleh bapak Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng.Pr dan mengangkat Administrator Apostolik Sedevacante ad Mutum Sactae Sedis dari Keuskupan Ruteng, yang mulia Mgr Silvester San, Uskup Denpasar.

Akhirnya Uskup Ruteng Mengundurkan diri

Kupang, Delegasi.com – Berita mengejutkan datang dari Vatikan, hari ini, Rabu (11/10/2017). Paus Fransiskus sudah menerima surat pengunduran diri dari jabatan sebagai pemimpin pastoral Keuskupan Rutengyang diajukan oleh bapak Uskup Ruteng, Mgr. Hubertus Leteng.Pr.

Demikian siaran pers pengunduran diri Uskup Ruteng dan pengangkatan Admistrator Apostolik pada jabatan yang sama yang diterima delegasi.com melalui pesan WA ,Rabu (11/10/2017).

Dalam keterangan pers itu  disebutkan, Bapa Suci telah mengangkat Administrator Apostolik sedevacante ad Mutum Sactae Sedis dari Keuskupan Ruteng, yang mulia Mgr Silvester San, Uskup Denpasar, dan melimpahkan kepadanya semua kewenangan dan tugas-tugas, seperti kewenangan dan tugas dari seorang uskup pada subyek wilayah yang berada di bawah Kongregasi Propaganda Vide.

Pengumanan tersebut disampaikan pada pukul 18.00 Wita di Istana Keuskupan Ruteng bersamaan dengan siaran pers dari Vatikan, oleh Romo Fabio Salemo, pelaksana tugas adintering dari Nunciatura Apostolik di Indonesia, dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh Mgr. Hubertus Leteng, Mgr Silvester San, Rm Vikjen, Dewan Kuria, Dewan Konsultores, Dewan Imam dan Rm Siprianus Hormat, sekretaris Eksekutif KWI.

Setelah membacakan dekrit pengangkatan Mgr Silvester San, Rm Fabio Salemo selaku Wakil Tahtah Suci mengingatkan bahwa tugas tugas dari administrator Apostolik akan beraqkhir ketika Pontivice Romano sudah mengangkat Uskup baru untuk keuskupan Ruteng dan telah mengambil alih secara kanonik jabatan tersebut.

Wakil Tahtah suci mengajak imam-imam yang hadir untuk bekerjasama dengan administrator Apostolik, menunjukan kesediaan, rasa tanggungjawab, dan semangat persaudaraan imamat. Daia juga telah merekomendasikan mereka untuk mengembangkan peraturan , kerukunan dan kehormatan dan keharmonisan umat Allah agar umat Allah dapat mengalami suka cita dalam damai Tuhan.

Selanjutnya Rm. Fabio Salemo meminta semua pihak untuk berdoa bagi Mgr. Hubertus Leteng yang telah menjalankan tugas selama 7 tahun sebagai pelayan Pastoral di Keuskupan Ruteng dan Untuk Mgr. Silvester San, semoga beliau dapat mengahasilakan buah berlimapah selama menjalankan tugas pelayanan di Keuskupan Ruteng.

Romo Fabio Salemo juga berterima kasih kepada Mgr. Silvester San atas kesediaanya menerima tugas yang sangat penting ini. Wakil dari Tahtah Suci mengakhiri pertemuan dan menyerahkan Keuskupan Ruteng kepada Bunda Allah, Santo Yoseph dan Santu Yohanes XXIII yang pertanya diperingati pada hari ini. //delegasi (Hermen/ger)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Jadi Calon Tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit: Mohon Doanya

JAKARTA, DELEGASI.COM – Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo meminta doa dan dukungan setelah namanya ...