Home / Ekbis / Bekukan anggota OPEC, Indonesia selamat dari kerugian Rp 27 M/hari
luhut
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan

Bekukan anggota OPEC, Indonesia selamat dari kerugian Rp 27 M/hari

Jakarta, Delegasi.com – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pembekuan keanggotaan Indonesia dalam Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) bukan merupakan masalah besar. Menko Luhut mengatakan dirinya mendukung penuh keputusan tersebut.

Liburan natal Pergi.com bagi2 diskon Rp 100,000“Bagus dong dibekukan. Kita kan perlu. Karena kalau kita dicut 37.000 barel itu kan tidak bagus buat penerimaan kita, sementara biar saja dulu begitu,” ujarnya di Jakarta, Kamis (1/12).

Menko Luhut mengatakan pembekuan keanggotaan OPEC merupakan langkah strategis. Di mana dengan melakukan hal tersebut Indonesia dapat menghemat USD 2 juta atau setara Rp 27 miliar (USD 1=Rp 13.510) per hari.

“Karena kalau ikut, kita terpotong 37.000 barel itu setara USD 2 juta per hari. Itu sangat berpengaruh terhadap APBN,” ungkap Menko Luhut.

Pembekuan keanggotaan OPEC diputuskan Indonesia pada sidang ke 171 yang dilaksanakan di Wina, Austria (30/11). Hal tersebut diambil setelah adanya keputusan sidang untuk memotong produksi minyak mentah sebesar 1,2 juta barel per hari di luar kondensat.

Imbasnya, Indonesia diminta untuk memotong sekitar 5 persen dari produksi atau sekitar 37.000 barel per hari.//Delegasi/merdeka.com

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Laut NTT akan Dilintasi Kabel Listrik Tenaga Surya

KUPANG, DELEGASI.COM – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) beraudiensi bersama perwakilan ...