Home / Polkam / Benny K. Harman: Warga Manggarai Harus Responsif Terhadap Persoalan di NTT
Calon
“Sebagai orang Manggarai, saya merasa terpanggil bersama ase kaE semua untuk membawa NTT keluar dari berbagai persoalan. Dan saya menyatakan maju sebagai calon Gubernur NTT 2018 – 2023 mendatang,” Benny K. Harman.

Benny K. Harman: Warga Manggarai Harus Responsif Terhadap Persoalan di NTT

Kupang, Delegasi.com – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Benny K. Harman mengajak warga Manggarai Raya di manapun berada untuk selalu responsif terhadap permasalahan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Syaratnya kita jaga persatuan dan kesatuan, jaga solidaritas yang utuh, bukan solidarita sempit yang konstruktif tetapi solidaritas yang produktif. Ajakan itu disampaikan Benny pada sambuatan ketika dirinya menyampaikan niatnya untuk maju sebagai calon Gubernur NTT dihadapan keluarga besar Ikatan Keluarga Manggarai Raya (IKMR) sedaratan Timor yang berlangsung di aula Paroki St Maria Asumta Kota Kupang, Sabtu (18/2/2017).

Menurut Benny, dari aspek geopolitik, etnik kesukuan Manggari memiliki posisi yang penting dan strategis. Penting dan strategis menurut Benny, mengingat pertama, Manggarai Raya adalah kelompok etnik  terbesar di NTT dengan populasi penduduk hampir mencapai satu juta jiwa. Kedua, tanah manggarai sejak NTT dibentuk dikenal sebagai daerah lumbung pangan . ketiga, tanah Manggarai memiliki komoditas pertanian dan perkebunan yang sangat unggul dengan daerah lainya di NTT baik untuk kebutuh domestic maupun ekspor. Keempat, orang Manggarai tersebar kemana mana, termasuk di luar negeri. Kelima,  salah satu dari 10 destinasi wisata dunia ada di manggarai yaitu Komodo.

Dari aspek geopolitik yang disebutkan maka ketika orang Manggarai tidak responsive terhadap berbagai persoalan di NTT, posisi NTT sebagai daerah terbelakan tetap tidak berubah.

“Karena posisi politik yang penting itu, saya mengajak kita semua untuk bangkit, membangun kesadaran baru dan mengambil bagian untuk memajukan daerah ini. Kita wajib ikut menentukan membangun arah perjalanan NTT ke depan,” kata Benny K. Harman.

 Calon Gubernur

Menurut Benny, dirinya tidak bermaksud mengecilkan etnik kesukuan atau etnis agama lain yang ada di NTT. Tetapi  dia menekankan bahwa entitas orang Manggarai harus benar benar 100 persen sebagai orang Manggarai dan 100 persen sebagai orang NTT.

Oleh karena itu, menurut Benny, tantangan dan keprihatinan dareah Nusa Tenggara Timur saat ini sama dengan tantangan dan keprihatinan orang Manggarai. Maju dan tidaknya daerah ini sangat tergantung kita orang Manggarai “Jangan sampai kita sebagai etnik kesukuan Manggarai yang terbesar ini menjadi beban bahkan sebagai pelengkap penderita bagi daerah (NTT) ini,” tandas Beny.

Berangkat dari kesadaranya sebagai etnik Manggarai, pada kesempatan sambutan itu Benny K. Harman menyatakan niatnya untuk maju  sebagai calon Gubernur NTT periode 2018-2023.  Pernyataan niat itu disambut tepuk tangan seluruh undangan. Dirinya merasa terpanggil untuk bersama rakyat menentukan arah perubahan dengan memberikan dirinya untuk dicalonkan sebagai calon Gubernur NTT mendatang.

“Sebagai orang Manggarai, saya merasa terpanggil  bersama ase kaE semua untuk membawa NTT keluar dari berbagai persoalan. Saya terpanggil bukan hanya dari diri saya sendiri tetapi kesadaran kolektif bersama ase kae, saya maju sebagai calon Gubernur NTT 2018-2023,” kata Benny. //delegasi (hermen/germanus)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Didukung 12 DPC, Leo Lelo Resmi Mendaftar Calon Ketua DPD Demokrat NTT

KUPANG, DELEGASI.COM –  Leonardus Lelo secara resmi sudah menyerahkan surat dukungan sekaligus mendaftar ke Dewan ...