Berkunjung ke SMK Negeri 3 Kupang, Kadis Linus Lusi Beri Motivasi Untuk Siswa

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi saat berkunjung ke SMKN 3 Kota Kupang, Rabu 21 September 2022//Foto: Delegasi.xom(Hermen Jawa)

DELEGASI.COM, KUPANG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Timur, Linus Lusi berkunjung dan mengikuti apel bersama para guru dan siswa SMK N 3 Kupang, Rabu, 21 September 2022.

Kehadiran Kadis PK NTT ini, selain memantau situasi kegiatan belajar mengajar juga memberi motivasi bagi siswa di sekolah tersebut.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi saat berkunjung ke SMKN 3 Kota Kupang, Rabu 21 September 2022//Foto: Delegasi.xom(Hermen Jawa)

Dari pantaun DELEGASI.COM, tepat pukul 06.30 Wita, kadis Linus Lusi memasuki lapangan sekolah dan langsung nimbrung bersama siswa mengikuti apel pagi.

Kepala Dinas PK itu didampingi Kepala Sekolah, Yes Banunaek dan para guru.

Dalam arahanya, Linus Lusi mengatakan, kehadiranya tidak untuk membuat sekat antara kepala dinas, para pendidik, serta siswa, tetapi untuk menyatukan semua perbedaan dan sekat sekat itu menjadi satu kesatuan yang utuh dalam sebuah keluarga besar di sekolah tersebut.

“Jangan ada sekat diantara kita. Saya ke sini tidak untuk membuat sekat itu. Tetapi saya kesini untuk menyatukan bahwa kita adalah keluarga besar SMK N 3 Kota Kupang”, tandas Linus Lusi disambut aplaus dari siswa dan para guru.

Linus Lusi menjelaskan SMK N 3 adalah satu satunya sekolah kejuruan yang menjual jasa. Oleh karena itu para guru diharapkan untuk berkreatif dan berinovasi cara mendidik siswa, sehingga sekolah ini menjadi sekolah unggul.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi saat berkunjung ke SMKN 3 Kota Kupang, Rabu 21 September 2022//Foto: Delegasi.xom(Hermen Jawa)

“Kalau sekolah ini berbasis jasa maka yang harus dijual adalah jasa. Oleh karena itu yang perlu dibenahi adalah bagaiman cara dan tekni menjual jasa, termasuk cara berkomunikasi yang baik layaknya sebuah perusahaan bisnis dibidang jasa, agar bisa bersaing di dunia bisnis jasa yang sebenarnya,” kata Linus Lusi.

Selain memberi motivasi kepada siswa, Linus Lusi Juga memberikan arahan kepada para guru dan pengawai.di sekolah itu.

Dia mengharapkan agar para guru sellu mendampingi siswa selama pelajaran berlangsung. Jangam biarkan mereka berjalan sendiri.

“Teman teman guru harus kreatif . Sekolah ini bukan sekolah umum, tapi sekolah khusus yang menjual jasa. Jadikan sekolah ini layaknya sebuah perusahaan sehingga setiap hari harus ada brieving. briefing pagi sebelum masuk dan briefing siang jelang bubar. Ini dimaksud agar kita semua selalu mengingat tugas dan tanggungjawan kita masing masing, apa yang kita buat untuk hari ini dan besok,” tegas Linus Lusi.

Sementara itu Kepala SMK N 3 Kupang, Yes Banunaek menyampaikan terima kasih atas kunjungan mendadak kadis PK NTT di sekolahnya itu. Kehadiran Orang nomor satu Pendidikan di NTT ini kata Yes memberi spirit dan semangat baru bagi para siswa dan para tenaga pendidik di sekolah tersebut.

“Hari ini kami mendapat semangat baru. Motivasi dan kekuatan baru dengan kehadiran Bapak kadis di sekolah ini. Oleh karena itu atas nama para guru dan siswa kami menyampaikan terima kasih atas kehadiran bapak Kadis,” ujar Yes Banunaek.

Dijelaskan Yes Banunaek, SMK N 3 Kupang saat ini memiliki lima jurusan yaitu Tata Boga /kuliner, Perhotelan, Tata Busana, Tata Kecantikan dan Teknologi Komputer dan jaring.

Saat ini SMK N 3 sedang merancang sebuah aplikasi jaringan internet untuk memperkenalkan .sekaligus memasarkan prodak prodak hasil karya siswa.

Aplikasi itu nantinya akan terkonek dengan jaringan aplikasi lainya sehingga semua orang luar bisa melihat prodak hasil karya sekolah tersebut.

Menyinggung soal aplikasi jajring internwt tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTTendukung penuh rencana tersebut

“Kami sangat mendukung aplikasi itu. Dan saya berharap Pada Nopember nanti Aplikasi ini sudh dilaunching. Kita akan bertemu lagi saat Lauinxhing nanti,’ tanda Linus Lusi.

//delegasi(hermen)

Komentar ANDA?