Home / OPINI / Buaya Serang Ternak Warga Desa Soliu, Kabupaten Kupang
Suasana Evakuasi seekor buaya yang diamankan warga Desa Soliu, Kecamatan Amfoang Barat Laut Kabupaten Kupang, Minggu (30/6/2019) //Foto: Pos Kupang

Buaya Serang Ternak Warga Desa Soliu, Kabupaten Kupang

Kupang, Delegasi.Com -Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT mengevakuasi seekor buaya yang sebelumnya menyerang ternak warga Desa Soliu, Kecamatan Amfoang Barat, Laut Kabupaten Kupang, Minggu (30/6/2019), dirilis pos kupang.com.

Buaya berjenis kelamin jantan itu memiliki panjang 4.58 meter dengan diameter 80 cm diamankan warga desa Soliu pada Sabtu (29/6/2019) siang.

Demikian disampaikan Kepala BBKSDA NTT, Ir. Timbul Batubara, M.Si melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BBKSDA NTT, Wantoko ketika dikonfirmasi per telepon Minggu siang.

“Jadi, di sana kan ada muara sungai dan buaya sudah memangsa ternak warga seperti babi,” ungkap Wantoko.

Usai mendapatkan informasi terkait hal tersebut, lanjut Wantoko, pihaknya segera mengirim satu Wildlife Rescue Unit (WRU) untuk terjun ke lokasi dan mengevakuasi buaya itu.

“Jadi informasi dari masyarakat dan kami kirimkan tim WRU ke sana, buaya itu sebelumnya telah diamankan oleh masyarakat Desa Soliu,” katanya.

Tim yang bergerak dari desa Soliu pada Sabtu malam pukul 24.00 Wita tiba di kantor BBKSDA NTT pada Minggu pagi pukul 08.00 Wita.

Selanjutnya, buaya berukuran besar tersebut akan ditampung sementara di kandang penampungan BBKSDA NTT.

“Untuk sementara kami akan amankan di kandang kami. Dan sudah ada beberapa ekor yang kami amankan di kandang tampung kami, sambil mencari pihak ketiga dalam hal ini penangkar yang bisa menampung atau menjadikan sebagai indukannya,” jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat NTT yang bermukim di area pinggir pantai maupun area muara pantai untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

“Diharapkan waspada karena di bagian muara pantai merupakan habitat dari buaya rawa dan ketika aktivitas di muara sungai atau pesisir pantai tidak boleh sendiri,” katanya.

Apabila terdapat konflik antara buaya atau pun buaya yang masuk ke area pemukiman masyarakat, pihaknya mengimbau masyarakat untuk segera menghubungi BBKSDA NTT.

“Apabila ada konflik atau didapati buaya masuk dalam area pemukiman segera menghubungi kami untuk segera kami evakuasi,” katanya.
//delegasi(PK/ger)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Ribuan Demonstran Thailand Bentrok Dengan Polisi di Dekat Istana Raja

YANGON, DELEGASI.COM – Ribuan demonstran Thailand terlibat bentrok dengan polisi saat sedang berunjuk rasa di ...