Home / Sosbud / Bupati Hadjon: Gereja Sebagai Kekuatan di Larantuka

Bupati Hadjon: Gereja Sebagai Kekuatan di Larantuka

LARANTUKA, DELEGASI.COM –Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon, ST  mengatakan hadirnya  buku “Menjelajah Kapela Yang Terlupakan”,  yang ditulis oleh siswa-siswi SMAN Larantuka, mengajak kita untuk kembali melihat Gereja sebagai salah satu sumber kekuatan yang ada di Kota Larantuka.

Bupati Anton Hadjon mengatakan hal itu  saat melaunching buku “Menjelajah Kapela Yang Terlupakan di Aula SMAN 1 Larantuka, Senin (25/11).  Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Flores Timur Drs. Bernadus Beda Keda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Flores Timur Drs. Benediktus Herin, Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ritapiret RD Dr. Yohanes Monteiro, Rektor IKTL  Vincensius Crispinus Lemba, S. Fil, M.Pd, Budayawan Drs. Bernadus Tukan, Kepala Sekolah SMAN 1 Larantuka Yakobus Milan Bethan, para tokoh masyarakat, para guru dan siswa- siswi SMAN 1 Larantuka. “Dengan membuat buku ini kalian sudah memperkuat diri kalian dengan tradisi dan kebudayaan yang ada di Flores Timur. Dengan membuat buku ini kalian sementara mengajak kita untuk kembali melihat kapela sebagai salah satu sumber kekuatan yang ada di Kota Larantuka. Terima kasih yang banyak atas apa yang telah kalian buat”, ujar Bupati Anton Hadjon.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada penulis buku “Menjelajah  Kapela Yang Terlupakan” yakni Tim 24 yang ditulis oleh siswa-siswi SMAN 1 Larantuka dan juga guru pembimbing Gregorius Riberu, S.Ag. “Menurut Saya ini suatu yang super sekali yang dibuat oleh siswa-siswi SMA 468 Larantuka tentu dibawah pendampingan Pak Guru, dan mereka mempersembahkan sesuatu yang luar biasa yang super itu di Hari Guru ke-74 Tahun ini yang merupakan kado yang luar biasa. Apresiasi kepada anak-anak yang telah juga mengajak kita semua untuk mari kembali kita lihat Kapela sebagai salah satu tempat dimana dulu orang-orang tua selalu menggunakannya untuk hal-hal yang baik, ujar Bupati Anton Hadjon.

Pada Tahun ini Pemerintah Kabupaten Flores Timur, kata Bupati Anton Hadjon, mengadakan Festival Bale Nagi yang dilaksanakan untuk menyambut Semana Santa. Pemerintah tidak sekedar membuat festival dan mengundang orang untuk pulang libur, tetapi jauh daripada itu, menurutnya, Pemerintah sedang mengajak orang Flores Timur untuk mari kita maju ke depan tapi kita jangan lupa yang kita miliki. Itulah makna Bale Nagi yang sesungguhnya yang dilaksanakan Pemerintah dalam pelaksanaan Festival Bale Nagi. Mengajak seluruh orang Flores Timur untuk kita boleh kemana saja kita boleh berada dimana saja tetapi kita tidak boleh melupakan akar kehidupan kita  yakni akar budaya yang ada di Flores Timur ini. “ Dalam buku ini Pak Guru sedang mengajak anak-anak untuk melihat kita punya sejarah, kita punya budaya dan hal yang baik, ini tidak boleh hilang. Saya berharap adik-adik ini harus menjadi promotor di setiap wilayah kapela yang berdekatan dengan tempat tinggal adik-adik,  untuk juga mulai memanfaatkan kapela itu paling tidak dua kali seminggu bersama dengan teman-teman ke Kapela, ajak Bupati Anton Hadjon.

Bupati Anton Hadjon mengatakan pada setiap kesempatan dirinya selalu bangga  dengan Flores Timur. “Saya selalu sampaikan Larantuka itu satu-satunya Kerajaan Katolik di Indonesia dan dari Larantuka Katolik berkembang kemana-mana. Dari Larantuka juga pendidikan berkembang kemana-mana. Saya juga bangga tentang Flores Timur, karena dari Flores Timur jugalah Islam itu mulai berkembang di NTT. Sehingga kita boleh mayoritas tetapi kita tidak boleh merasa diri paling penting, paling hebat dan mengabaikan saudara-saudara kita yang lain. Menjaga kebersamaan karena itu juga bagian dari budaya yang telah hidup di Kabupaten Flores Timur selama ini, tegas Bupati Anton Hadjon.

//delegasi(tim)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Wali Kota Serahkan Bantuan WiFi Untuk Karang Taruna Kota Kupang

KUPANG,DELEGASI.COM–Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH menyerahkan bantuan seperangkat WiFi gratis ...