Home / Sosbud / Dampak kekeringan, Polres Sikka Salurkan Bantuan Air Bersih
Warga Dusun Krado Desa Ipir Kecamatan Bola Kabupaten Sikka Flores NTT menerima bantuan air minum bersih dari Polres Sikka, Jumad (22/11) //Foto: Delegasi. Com (yanni lioduden)

Dampak kekeringan, Polres Sikka Salurkan Bantuan Air Bersih

MAUMERE, Delegasi.Com – Dampak kekeringan berkepanjangan yang melanda wilayah Kabupaten Sikka, tidak hanya dialami para petani sawah akan tetapi hampir sebagian besar masyarakat Kabupaten Sikka juga saat ini mengalami krisis air minum bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti yang dialami warga RT. 11 ( 78 KK ) dan RT. 12 ( 53 KK ) Dusun Krado Desa Ipir Kecamatan Bola Kabupaten Sikka Flores NTT.

Kondisi kekeringan berkepanjangan yang dialami warga setempat dirasakan sejak bulan Juni 2019 lalu, yang membuat warga setempat sangat menderita.

Jangankan untuk mencuci dan mandi, untuk minum setiap hari saja warga mengalami kesulitan. Untuk mendapat air minun bersih, warga harus menempuh jarak kurang lebih dua kilometer menuju ke sumber mata air Wolonterang dengan topografi wilayah yang terjal dan curam.

Selain itu untuk menyewa air tanki dengan harga Rp. 500.000 per tangki, masyarakat merasa sangat berat karena kesulitan ekonomi.

Melihat kondisi yang dialami warga tersebut, Kapolres Sikka, AKBP. Rickson P. Situmorang,SIK, beserta jajarannya merasa terpanggil untuk menyalurkan bantuan air minum bersih kepada warga dusun Krado sebagai bentuk kepedulian untuk kemanusiaan.

Bantuan berupa dua unit tangki air minum bersih masing-masing 5000 liter tersebut diserahkan pada hari Jumad, (22/11) secara langsung oleh Kasat Lantas Polres Sikka, AKP. Yulianto, J.P.P, S.Sos, SIK dan Kapolsek Bola Ipda Daniel M. Tunu dan diterima langsung oleh Kepala Dusun Krado, Agustinus Nong Bebi.

Kasat Lantas Polres Sikka AKP. Yulianto, J.P.P, S. Sos, SIK (tengah) menyaksikan pembagian air minum bersih ke warga Dusun Krado Desa Ipir, Jumad, (22/11).//Foto: Delegasi. Com (yanni lioduden)

 

“Bantuan air minum bersih ini merupakan bentuk kepedulian dan misi kemanusiaan dari Polres Sikka. Mudah-mudahan dengan bantuan sosial ini, setidaknya dapat mengurangi beban dan kesulitan yang dialami warga masyarakat akibat kemarau panjang,” ujar Rickson.

Sementara itu Kepala Dusun Krado, Agustinus Nong Bebi, pada saat menerima bantuan air minum bersih tersebut, menyampaikan terimakasih kepada Kapolres Sikka beserta jajaran atas misi kemanusiaan yang telah peduli akan kesulitan yang dialami masyarakat dusun Krado.

Kadus Agustinus juga berharap bantuan ini dapat berlanjut bila sampai bulan Desember nanti hujan juga belum turun.

“Atas nama masyarakat Dusun Krado, saya menyampaikan terima kasih kepada bapak Kapolres Sikka beserta jajaran yang telah membantu kami yang mengalami krisis air minum bersih. Dan kalau sampai Desember nanti, hujan belum turun, maka kami sangat mengharapkan bantuan seperti ini lagi, ” harap Agustius.

 

//Delegasi.Com(yanni Lioduden)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Wali Kota Serahkan Bantuan WiFi Untuk Karang Taruna Kota Kupang

KUPANG,DELEGASI.COM–Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH menyerahkan bantuan seperangkat WiFi gratis ...