Home / OPINI / Dinas Perpustakaan Flores Timur Gelar Lomba Minat Baca

Dinas Perpustakaan Flores Timur Gelar Lomba Minat Baca

LARANTUKA, Delegasi.Com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Flores Timur menggelar Lomba Minat Baca Tahun 2019 bagi Pelajar di Flores Timur pada Senin (21/10/2019).
Kegiatan yang berlangsung di Aula OMK Larantuka ini dibuka oleh Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Flores Timur, Ir. Antonius Wukak Sogen selaku pejabat yang mewakili Bupati Flores Timur. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur, dr. Agustinus Ogie Silimalar, Para Kepala Sekolah serta Pelajar Peserta Lomba.

Bupati Flores Timur Antonius H. Gege Hadjon,ST dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum mengatakan fenomena minat baca tulis di kalangan masyarakat yang masih sangat rendah di Flores Timur khususnya di kalangan anak peserta didik. Hal ini menurutnya harus dimaknai sebagai sebuah tantangan. Rendahnya Literasi menjadi masalah fundamental yang memiliki korelasi kuat bagi kemajuan. “Literasi sesungguhnya menyasar pada gerakan menumbuhkan minat baca dengan harapan aka nada proses pembiasaan yang terus menerus sehingga terbentuk budaya yang melahirkan karya nyata”, kata Bupati Anton Hadjon.

Lanjut Bupati Anton Hadjon, dengan adanya kegiatan Lomba Minat Baca seperti ini diharapkan agar siswa siswi dapat memahami hakekat berliterasi secara kritis serta menjadi salah satu upaya mendukung budaya literasi di Flores Timur. “Pemerintah Flores Timur berharap agar kegiatan ini boleh dilihat sebagai salah satu momentum untuk tetap menggairahkan minat membaca dan menulis di Kabupaten Flores Timur”, pesan Bupati Anton Hadjon.

Kepala Bidang Bina Perpustakaan, Hironimus Miten Bao dalam laporan panitia mengatakan tujuan dari kegiatan ini selain untuk mempromosikan peran dan fungsi perpustakaan juga untuk menarik minat baca siswa siswi, meningkatkan kualitas diri anak serta manjadi ajang mengasah mental dan membentuk karakter anak. “Kiranya dengan menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter, kecerdasan, kreativitas dan inovasi generasi muda Flores Timur”, kata Hironimus.

Peserta Lomba Minat Baca 2019 adalah Tingkat TKK/PAUD sebanyak 12 sekolah dengan 24 peserta, Tingkat SD/MI sebanyak 21 sekolah dengan 42 peserta, Tingkat SMP sebanyak 9 sekolah dengan 18 peserta, Tingkat SMA/K sebanyak 8 sekolah dengan 16 peserta.  Materi kegiatan Lomba antara lain, Lomba Membaca Gambar/Bernalar untuk tingkat TKK/Kober dengan Tema Binatang, Lomba Mendongeng/Bercerita tingkat SD/Madrasah Ibtidayah dengan judul Si Kembar Mencari Ibunda, Lomba Stand Up Comedy tingkat SMP dan Lomba Pidato tingkat SMA/K dengan tema Menumbuhkembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan terhadap Budaya Lokal Dalam Upaya Membangun Karakter, Kecerdasan, Kreativitas dan Inovasi Generasi Muda Flores Timur. (Kerjasama dengan Pemkab Flores Timur)

 

//delegasi(*/BBO)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Memupuk Sikap Antisipasi Bencana

“Kasus bencana badai Seroja yang meluluhlantahkan beberapa kabupaten/kota di NTT (5 April 2021) lalu bisa ...