FKH Undana Periksa Ternak Milik Warga di TTS

  • Bagikan
Para mahasiswa dan dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang berpose bersama saat menggelar program pengabdian masyarakat di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Jumat (6/7). (ANTARA Foto/humas undana)

Kupang, Delegasi.com – Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusa Cendana memberikan pelayanan kesehatan kepada kurang lebih 467 ternak di Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Demikian dirilis AntaraNews NTT, Jumat (6/7/2018).

“Pelayanan kesehatan hewan dipusatkan di dua desa yaitu Desa Tuapakas dan Desa Oni dan jumlah ternak yang diberikan pelayanan kesehatan mencapai 467 ternak,” kata Ketua Panitia program kerja pengabdian masyarakat Frits Francis,kepada wartawan di Kupang, Kamis (5/7/2018).

Baca Juga : Broker Forex Terbaik Yang Resmi di Rilis BAPPEBTI 2023

Frits merincikan dari 467 ternak tersebut kurang lebih 216 ternak sapi, 153 ternak babi, 93 ternak kambing dan 5 ekor anjing. Kegiatan yang dilakukan oleh FKH Undana itu merupakan Program Kerja Pengabdian Masyarakat dengan tema “healthy animal, prosperous human” atau hewan sehat manusia sejahtera.

Kegiatan yang dilakukan antara lain Pelayanan Kesehatan Hewan seperti Pemberian Vitamin, Obat Anti Helmintheasis, Vaksinasi. Semuanya dilakukan secara gratis,mulai dari penyuluhan Kesehatan Hewan dan Pemutaran Film Indonesia dengan melibatkan kurang lebih 55 mahasiswa FKH.

Jumlah tersebut terdiri atas 36 Mahasiswa S1 Kedokteran Hewan dan 19 Mahasiswa Koasistensi PPDH/Program Studi Pendidikan Dokter Hewan, serta seorang Dosen Pembimbing. Di samping itu ada juga satu orang alumni kedokteran hewan, dan lima tenaga medis Dinas Peternakan TTS.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, FKH drh. Yohanes Simarmata, mengatakan bahwa salah satu tujuan kegiatan itu dilakukan adalah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam menangani kesehatan hewan sehingga setelah menjadi dokter hewan, mereka mampu mengembangkan tugas dan tanggung jawab secara profesional.

Kegiatan ini juga, untuk meningkatkan kepedulian sosial dan solidaritas mahasiswa FKH Undana pada masyarakat, di samping itu program BEM FKH Undana itu juga dinilai sangat membantu tugas Dinas Peternakan TTS dalam menjaga kesehatan hewan di Kecamatan Kualin.//delegasi (AntaraNews.com)

 

Komentar ANDA?

  • Bagikan