Home / Polkam / Golkar Resmi Berhentikan Gideon Mbilijora dari Jabatan Ketua DPD II Sumba Timur
Ketua DPD II GOLKAR Sumba Timur – Bupati Sumba Timur: Drs. Gidion Mbilijora, M.Si [Foto: Heinich Dengi]

Golkar Resmi Berhentikan Gideon Mbilijora dari Jabatan Ketua DPD II Sumba Timur

Kupang, Delegasi.Com – Partai Golkar Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui rapat pleno diperluas yang digelar, Kamis (14/2/2019) secara resmi memutuskan memberhentikan Gideon Mbilijora dari jabatan Ketua DPD II Golkar Sumba Timur.

 

Ketua DPD I Golkar NTT, Melki Laka Lena sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Kamis (14/2/2019) malam.

Menurut Melki, sebelumnya pada tanggal 7 Januari 2019 lalu, Partai Golkar sudah mengeluarkan surat keputusan (SK) pemberhentian sementara Gideon Mbilijora dari jabatannya, dan mengangkat Liby Sinlaeloe sebagai Plt Ketua DPD II Partai Golkar Sumba Timur.

“Di dalam pemberian sanksi organisasi Partai Golkar, pemberhentian sementara itu kemudian ditingkatkan menjadi pemberhentian yang bersifat tetap, jikalau tidak memenuhi panggilan dan catatan dari pengurus organisasi satu tingkat dia atasnya,” ungkapnya.

Melki menjelaskan, setelah dikeluarkannya keputusan pemberhentian sementara terhadap Gideon Mbilijora, sesuai mekanisme organisasi diberikan ruang pembelaan diri terhadap yang bersangkutan selama satu bulan.

“Ini dimaksudkan agar yang bersangkutan bisa melakukan pembelaan diri, sehingga apa yang menjadi catatan organisasi bisa diselesaikan, tetapi ternyata waktu selama satu bulan ini tidak diselesaikan, karena itu sesuai mekanisme partai tidak ada kemungkinan atau kesempatan lagi bagi pak Gideon untuk menjadi ketua,” paparnya.

Dia menegaskan, dengan tidak menggunakan ruang yang diberikan organisasi untuk melakukan pembelaan diri, dan tidak menyelesaikan catatan yang disampaikan maka Gideon Mbilijora dikategorikan tidak beritikad baik.

“Sehingga dalam aturan Partai Golkar, ada kenaikan sanksi yang diberikan, dari pemberhentian sementara menjadi pemberhentian yang bersifat tetap,” tegasnya.

Melki menyebutkan, dalam pleno diperluas yang digelar, Kamis (14/2) sore, dihadiri oleh semua pengurus DPD I, Dewan Pertimbangan Partai Golkar NTT, dan juga pengurus maupun perwakilan DPD II.

“Dalam pleno ini kami bahas terkait sejumlah hal, termasuk membahas tentang Sumba Timur. Dan setelah mendengar berbagai proses setelah diberhentikan sementara itu, akhirnya diambil keputusan sesuai aturan partai yaitu menaikkan sanksi dari pemberhentian sementara menjadi tetap,” paparnya.

Selanjutnya, sambung Melki, Partai Golkar akan melakukan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) untuk menggantikan jabatan Gideon Mbilijora sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Sumba Timur.

“Sesuai dengan kesepakatan dan komunikasi dengan DPP Partai Golkar, musdalub akan diselenggarakan setelah pemilihan legislatif pada 17 April mendatang,” sebut Melki.

Terkait siapa yang akan menggantikan posisi Gideon Mbilijora, Melki menyatakan, pihaknya mendorong Wakil Bupati Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali yang saat ini menjabat sebagai Ketua Harian DPD II Golkar Sumba Timur untuk memimpin Golkar Sumba Timur.

“Nantinya pak Umbu Lili yang akan bersama pengurus, fraksi dan semua keluarga besar Golkar Sumba Timur yang akan menggerakkan roda organisasi di sana,” terangnya.

//delegasi(hermen)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Leo Lelo dan Tamo Mbapa Siap Rebut Ketua DPD Demokrat NTT

Kupang, Delegasi.com– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar ...