Home / Ekbis / Ground Breaking Pembangunan Bendungan Temef Segera Dilaksanakan, Gubernur Mohon Dukungan
Bendungan Terbesar
Lokasi Bendungan Temef di TTS. Bendungan ini bakal menjadi bendungan terbesar di NTT.//Foto : pos Kupang.com

Ground Breaking Pembangunan Bendungan Temef Segera Dilaksanakan, Gubernur Mohon Dukungan

Kupang, Delegasi.com – Dalam waktu dekat akan dilakukan ground breaking pembangunan Bendungan Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Bendungan ini bakal menjadi bendungan terbesar di NTT.

 Hal ini disampaikan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, yang dilangsir pos kupang.com, pada rapat kerja (raker) dengan Walikota Kupang dan para Bupati se-NTT di Aula Fernandez Kantor Gubernur NTT, Rabu (15/11/2017).

“Diharapkan dalam waktu dekat kita akan lakukan ground breaking Bendungan Temef di TTS. Bendungan ini nantinya merupakan bendungan terbesar di NTT,” kata Lebu Raya,.

Menurut Lebu Raya, berkaitan dengan program pembangunan di NTT yang merupakan program nasional dan program strategis nasional, maka di NTT selain pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) juga bendungan-bendungan.

“Jadi dalam waktu dekat akan dilakukan groung breaking Bendungan Temef. Karena itu kita minta perhatian pemerintah dan masyarakat agar mendukung,” katanya.

Saat itu Lebu Raya juga meminta percepatan penyelesaian Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang, selain Bendungan Rotiklot dan Bendungan Napunggete di Sikka.

“Khusus pembangunan Bendungan di Lambo di Nagekeo, sampai sekarang ini masih bermasalah secara sosial. Harusnya juga ada Bendungan Kolhua, saya kembali ungkapkan Bendungan Kolhua, karena ini yang paling pertama harus dibangun,” kata Lebu Raya.

Ketua DPD PDI NTT ini menjelaskan, ‎rencana pembangunan strategis nasional lainnya, yakni Jembatan Pancasila di Flores Timur.

Bahkan, lanjutnya, ada program lain seperti pembangunan PLBN ‎, setelah di Mota’ain juga di Motamasin serta di Wini, Kabupaten TTU.

 “Kita juga usulkan bangun PLBN di Napan dan Naikliu, Kabupaten Kupang.

Ada juga rencana di Maritaing, Kabupaten Alor,” katanya.

Dikatakan, ada proyek lain, seperti Bendungan di Manikin, Kabupaten Kupang, di Ngada dan Sumba Timur.

Karena itu, Lebu Raya meminta para bupati mempersiapkan lahan dan juga masyarakat. “Termasuk penyelesaian masalah di masyarakat, sebab pembangunan ini, turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lebu Raya juga menyebutkan, pembangunan kawasan stragegis pariwisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, serta pembangunan tambak garam di Bipolo, Kabupaten Kupang.

Sedangkan saat ini, Pemprov NTT masih melakukan survei potensi di daerah-daerah lain.//delegasi(pos kupang.com/juan pesau)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

DPD Kontas Flotim Lanjut Kirim Bantuan Korban Bencana di Kwuko Oyangbarang & Nayubaya, Adonara

ADONARA-DELEGASI.COM–Perwakilan DPD Kontas Flores Timur, kembali menyalurkan bantuan bagi para korban bencana alam banjir bandang ...