Home / Ekbis / Gubernur NTT Optimistis Ekspor Rumput Laut Berkelanjutan
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (kedua kanan) menyerahkan dokumen kepada pihak PT Rote Karaginan Nusantara yang melakukan ekspor perdana komoditi rumput laut langsung ke Argentina di Pelabuhan Tenau Kupang, Selasa (28/5/2019). //Foto: Antara

Gubernur NTT Optimistis Ekspor Rumput Laut Berkelanjutan

Kupang, Delegasi.Com – Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengaku optimistis ekspor rumput laut perdana ke Argentina, Selasa (28/5/2019) akan terus dilakukan secara berkelanjutan.

“Ekspor rumput laut ini akan berkelanjutan, saya tidak cemas bahan baku akan tersedia karena orang NTT itu kerja rumput laut sudah hal biasa, sudah jadi budaya,” kata Laiskodat seperti di kutip AntaraNews dalam acara Pelepasan Ekspor Perdana Rumput Laut PT Rote Karaginan Nusantara ke Argentina di Pelabuhan Tenau Kupang, Selasa.

Gubernur Viktor juga meminta dukungan dari berbagai instansi terkait agar kegiatan ekspor langsung ini terus dijaga secara berkelanjutan.

Menurutnya, dibandingkan dengan upaya pemerintahannya untuk merealisasikan ekspor tanaman kelor, komoditi rumput laut masih lebih mudah dilakukan.

“Asal pemerintah bantu tali, bantu beni, ini cepat karena masyarakat sudah punya kebiasaan untuk mengerjakan rumput laut,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah provinsi juga akan menjaga harga komoditi rumput laut sehingga tidak terjadi penurunan yang merugikan masyarakat yang melakukan budidaya.

“Kami sudah siapkan harga batas bawah, ketika turun kami akan beli, sehingga petani rumput laut tetap semangat mengerjakannya,” katanya.

Setelah memberikan sambutan, ia melakukan seremoni pemukulan kendi sebagai tanda mulai diangkutnya sebuah kontainer berisi rumput laut sebanyak 25 ton berbentuk chip ke atas kapal KM Meratus Labuan Bajo/1901E.

Hadir dalam acara itu berbagai unsur lintas instansi terkait di antaranya, Kantor Wilayah Bea dan Cukai Region Bali-Nusa Tenggara, Pusat Standarisasi BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Balai Karantina Kupang, Pelindo III Tenau Kupang, PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang dan instansi lainnya di daerah setempat.

Selain itu, sejumlah kepala daerah di Pulau Timor juga hadir menyaksikan ekspor perdana rumput laut tersebut di antaranya, Bupati Belu Willybrodus Lay, Bupati Malaka Stefanus Bria Seran, dan Bupati Kupang Korinus Masneno.
//delegasi(ant/ger)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Komunitas KitaBisa. Com Bantu Korban Bencana Alam di NTT

Kupang, Delegasi.com– Sebagai bentuk cinta dan kepedulian terhadap korban bencana alam, banjir bandang dan longsor , ...