Home / Ekbis / Guna Capai Target Penerimaan Pajak, UPTD PPKAD Kabupaten Kupang Gunakan Pendekatan Kekeluargaan
target
Suasana kegiataan penyetoran pajak bagi para wajib pajak kendaraan bermotor di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (UPTD PPKAD), Kabupaten Kupang/foto Germanus Wisung

Guna Capai Target Penerimaan Pajak, UPTD PPKAD Kabupaten Kupang Gunakan Pendekatan Kekeluargaan

Kupang, Delegasi.com – Kepala Unit Pelaksana Teknis Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (UPT PPKAD), Kabupaten Kupang,  Yulius B. Lico mengatakan pihaknya selalu menggunakan pendekatan kekeluargaan untuk mencapai target pajak. Pendekatan itu dinilai ampuh, karena dengan melalui pendekatan itu, para wajib pajak kendaraan bermotor terjalih hubungan yang harmonis dengan pihak petugas.

Hal itu dikatakan Lico ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya di Oelamasi, Jumat (14/7/2017).

Menurut Lico, target penerimaan pajak tahun 2017 untuk UPT PPKAD Kabupaten Kupang sebesar Rp 21.398.686.499 dengan jumlah data potensi kendaraan baik roda empat maupun roda dua untuk wilayah kabupaten Kupang adalah 38.026 unit. Dari jumlah data potensi tersebut, Lico mengatakan jumlah tunggakan untuk kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten Kupang sebanyak 1.167 unit. Sedangkan sisanya adalah kendaraan umum dan pribadi baik roda dua dan roda empat.

“Sekarang kami sedang dan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat wajib pajak, diantaranya melalui kerjasama dengan pihak lalulintas Polres Kupang untuk melakukan kegiatan operasi tilang. Tujuanya untuk menjaring pemilik kendaraan bermotor yag masih menunggak pajak, sekaligus menyadarkan para wajib pajak” kata Lico.

Selain kerjasama dengan aparat kepolisian, pihaknya juga membangun kesedaran bagi wajib melalui kegiatan door to door ( mendatangi wajib pajak dari rumah ke rumah), untuk menyampaikan tunggakan sekaligus meningkatkan kesadaran wajib pajak.

Kami juga  melakukan kerja sama dengan para Kepala Desa/Lurah dan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat melakukan sosialisasi pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor langsung di Kecamatan,”tandas Liko.

Menurut Liko, pelayanan langsung kepada masyarakat ternyata.lebih efektif. Dimana pihaknya langsung mengetahui kondisi dan keadaan sebenanya dari segi kemampuan ekonomi , kondisi kendaraan yang di miliki, dan juga menekan biaya dan waktu para wajib pajak untuk melunasi pajak kendaraan bermotor.

Lico menambahkan yang menjadi persoalan dan kendala selama ini di Wilayah Kabupaten Kupang adalah kondisi topografi wilayah yang luas dan berbukit dengan jumlah Kecamatan sebanyak 24 dan 178 Desa /Kelurahan yang meliputi Timor daratan dan satu pulau yaitu Semau. Dari jumlah kecamatan tersebut, kecamatan yang paling sulit untuk di jagkau itu ada enam wilayah kecamatan untuk wilayah Amfoang dengan satu kecamatan lagi yaitu Amfoang Timur yang berbatasan langsung denga denga wilayah Kabupaten TTU dan Negara Timor Leste.//delegasi(ger)

 

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Program TEKAD Masuk Kampung Gelorakan Pendekatan Rumah Tangga

Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Kabupaten Manggarai, Drs. Yoseph Jehalut, mendukung program Transformasi  Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) besukan Kementerian Desa (Kemendes).