Harga Bumbu Dapur di Pasar Inpres Ruteng Mulai Naik

Neha, salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Inpres Ruteng. Foto diambil Kamis (22/12-2022). //Foto: Delegasi.com(Pieter Lisong)

 

DELEGASI.COM, RUTENG – Harga sejumlah barang kebutuhan pokok seperti bumbu dapur di Pasar Inpres Ruteng mulai merangkak naik menjelang perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Harga barang kebutuhan pokok yang mulai merangkak naik diantaranya, bawang putih, bawang merah, cabai dan sejumlah barang kebutuhan pokok lainnya.

BACA JUGA: Aliansi RSUD Larantuka Lanjutkan Perjuangan Dana Nakes Covid ke KPK

Berdasarkan pantauan Delegasi Com di Pasar Inpres Ruteng, Kamis (22/12-2022), harga bawang putih saat ini sebesar Rp 30.000/kilogram dari harga sebelumnya Rp 25.000 per kilogram.

Sedangkan harga bawang merah juga naik sebesar Rp 35.000 dari harga sebelumnya sebesar Rp 30.000.
Kenaikan juga terjadi pada cabai, telur ayam, kacang brenebon, kacang hijau dan beberapa jenis bumbu dapur lainnya.

Nuha, salah seorang pedagang di Pasar Inpres Ruteng yang dikonfirmasi siang kemarin mengakui kenaikan beberapa barang kebutuhan pokok terutama beberapa jenis bumbu dapur.

Kenaikan itu menurutnya dipicu oleh kenaikan harga dari daerah asal barang.
“Ada beberapa barang kebutuhan yang didatangkan dari luar daerah, seperti dari Makasar, Bima atau Jawa,” ujar Neha salah seorang pedagang bumbu dapur.

Hal senada juga dikatakan oleh Karno. Menurut dia, kenaikan harga ini terjadi karena kurangnya stok lokal, seperti barang putih dan bawang merah. Namun menurut Karno, tidak semua barang kebutuhan pokok seperti bumbu dapur mengalami kenaikan harga.

“Yang mengalami kenaikan tajam justru barang-barang toko,” kata Karno.

//delegasi(Pieter Lisong)

Komentar ANDA?