Home / Pendidikan / Harmonivasi dari Timur & Kelirumologi Covid-19

Harmonivasi dari Timur & Kelirumologi Covid-19

KUPANG, DELEGASI.COM – Forum Academian Nusa Tenggara Timur (FAN NTT) telah menyelenggarakan dialog Forum Academia NTT (FAN) yang  berlangsung pada Sabtu, 1 Agustus 2020 jam 4 sore WITA,  membahas tentang konser amal “Harmonivasi dari Timur” pada tanggal 16 Agustus 2020 mendatang yang bekerja sama dengan Etika, Pos Kupang, dan FAN.

Demikian rilis Panitia Penyelenggara Dialog yang diterima  delegasi.com Minggu (2/8/2020).

Konser ini bertujuan untuk: “Bersama dalam Harmoni, Mendukung Riset dan Inovasi Biomolekuler di NTT”.

Dalam dialog itu  dipaparkan tentang rencana konser yang akan dilakukan wakil dari Forum Academia NTT, dan Etika (Etnis Tionghoa Kupang) maupun disambung dengan dialog untuk memparkan tentang situasi terkini penanganan Covid-19 di NTT maupun Indonesia, khususnya terkait ‘kelirumologi Covid-19’.

Pembicara Dari FAN akan diwakili oleh Dr.Fima Inabuy sebagai kepala Tim Riset Biomolekuler FAN, dan Theo Widodo dari sebagai koordinator Etika Kupang sebagai promotor konser utama ini.

Dr.Fima akan memaparkan tentang persiapan dan kendala terkait riset inovasi biomolekuler yang dimulai di NTT selama Pandemi Covid-19, dan Theo Widodo akan menjelaskan mengatapa Etika merasa perlu mendukung konser ini.

 

“Seni dan Harmoni menjadi elemen penting bagi kita untuk mencapai keseimbangan saat pandemi,” kata Theo Widodo.

Salah satu tokoh nasional yang akan hadir dalam dialog adalah Jaya Suprana, yang dikenal sebagai pakar kelirumologi, pengusaha, penulis harian maupun komposer serta pianis.

Jaya Suprana akan memaparkan pandangannya tentang Covid-19 dalam mazhab kelirumologi, dan juga menguraikan bagaimana seni yang ia akrabi menjadi penting untuk menjaga harmoni dalam hidup sehari-hari di saat pandemi Covid-19. Jaya Suprana sendiri adalah salah satu dari sekian seniman yang akan mendukung Konser Harmonivasi dari Timur dengan komposisi maupun permainan pianonya.

Untuk Mendapatkan pandangan menyeluruh tentang pandemi Covid-19, pemaparan dari epidemiolog asal Universitas Padjajaran, dr.Panji Hadisoemarto juga menjadi penting.

Panji Hadisoemarto yang aktif memberikan analisa tentang penanggulangan Covid-19 adalah seorang pemain gitar klasik.

Dalam dialog kali ini ia coba memberikan gambaran hal apa yang mungkin kita lakukan untuk Indonesia dari tempatnya belajar di University of Otago Dunedin School of Medicine, Selandia Baru. Selain itu ia mungkin akan memainkan karya pendek dalam dialog ini.

Sedangkan dari kalangan budayawan NTT, Emmy Sahertian yang juga merupakan seorang pendeta dan aktivis perempuan akan hadir memberikan gambaran tentang situasi akar rumput selama Covid-19 di NTT.

Ia akan memantau para pekerja yang pulang dari luar negeri maupun pulau lain. Sebagian diantara mereka amat rentan terhadap Covid-19.

Emmy Sahertian mantan atlet atlektik serta peserta penyanyi bintang radio juga memaparkan bagaimana kebutuhan tes massal menjadi penting para buruh migran asal NTT dalam arus balik maupun pergi.

Dialog ini sendiri akan dipimpin oleh Dr.Wilson Therik, salah seorang moderator Forum Academia NTT yang saat ini menjabat sebagai koordinator pasca sarjana di UKSW Salatiga.

Dialog ini akan disiarkan lewat Facebook dan Youtube Forum Academia NTT dan akan dimulai jam 4 waktu Kupang (WITA). Jika ada pertanyaan yang ingin dititipkan kepada moderator, para peserta dapat menitipkan di Facebook page Forum Academia NTT.

Meskipun konser baru akan dimulai tanggal 16 Agustus 2020, donasi untuk riset inovasi biomolekuler di NTT yang digawangi oleh ETIKA, Pos Kupang, dan FAN terkait Pandemi Covid-19 sudah dilakukan sejak tanggal 1 Agustus 2020. Donasi sudah bisa dikirimkan ke Rekening BCA atas nama: Edy Lauw dan Clara Maria Yuliana Marni, dengan No.Rekening: 3140990972.

Konser Harmonivasi di era pandemi ini sendiri akan didukung oleh sejumlah musisi lintas daerah dan genre.

Djitron Pah, Rambu Piras, Ivan Nestorman, Romo Patris Sixtus Bertha, Ammy Kurniawan, Lilo Kla Project, Pentaboyz, Jaya Suprana dan sejumlah seniman lain yang masih menunggu konfirmasi. Harmonivasi dari Timur ini sendiri akan dijalankan dalam beberapa edisi di Bulan Kemerdekaan Indonesia.

 

//delegasi(*/ak/hermen)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Nasib Tragis Guru Ribbka Nitti, Itu Kejinya Pemda Flotim

LARANTUKA-DELEGASI.COM–Nasib tragis yang dialami Guru Ribbka Nitti, Guru Aparat Sipil Negara (ASN) alias Guru Negeri, ...