Hebat, Gebrakan April PGRI Flotim, Gala Siswa, Webinar Guru Milenial dan Kolaborasi Guru Penggerak

Camat Solor Selatan, Yosep Damian Klodor, bersama Jajaran PGRI Flotim dan Cabang Solor saat pembukaan Gala Siswa PGRI Flotim CUP 2022, beberapa waktu lalu. (MM/Delegasi.Com/BBO)

LARANTUKA-DELEGASI.COM–Gebrakan yang dimainkan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Flores Timur, yang menghelat beberapa kegiatan hebat selama Bulan April 2022, yakni Ivent Gala Siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama, yang dimainkan di tiga zona, yakni Flores Timur Daratan, Adonara dan Solor, kemudian Webinar Guru Milenial Berjiwa Wirausaha, dengan Narasumber Mustakin, seorang Guru Honor di MAS Muhammadyah Riung, serta Kolaborasi Guru Penggerak Angkatan 6, menjadi hal yang layak diacungi jempol.

Pasalnya, sejumlah ivent ini mendapat perhatian dan simpati luas dari berbagai pihak.

Gala Siswa PGRI CUP 2022 di Daratan Solor yang resmi dibuka Camat Solor Selatan, Yosep Damian Klodor, di Lapangan Lemanuk, Selasa, (19/04/2022), yang dihadiri langsung Pengurus PGRI Kabupaten Flotim, diantaranya Bendahara Tedi Teluma, Sekretaris Bidang Seni, Olahraga dan Budaya, Geril Hayon, lalu Sekretaris Bidang Pemberdayaan Perempuan PGRI Flotim, Maria Natalia Ana Yusti, Ketua PGRI Cabang se Daratan Solor, Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Muda, juga mendapatkan sambutan yang hangat.

Camat Damian Klodor, menyampaikan apresiasi kepada PGRI Flotim, yang telah membuka ruang kepada para siswa agar bisa menyalurkan bakatnya.

“Ini bukan hanya teori, tapi bagaimana para Siswa bisa alami langsung di alam terbuka.

Olahraga sepak bola, menjadi ajang yang baik untuk anak-anak mempererat tali silahturahmi dan persahabatan antar sekolah.

Sebagai pemerintah, Kami sangat mendukung, sebab apa yang dilakukan oleh PGRI Flotim adalah bagian dari Kontribusi dalam membantu pemerintah,”tegasnya.

Sementara Ketua PGRI Solor Selatan, Yohanes Parinbala Kukun, mewakili Ketua PGRI Flotim, Maksimus Masan Kian, menyampaikan ajang ini untuk mengikat tali silahturahmi antara peserta didik dan sekolah.

Kepala SMAN 1 Solor Selatan ini juga mengajak semua pihak memberi dukungan penuh sukseskan ivent ini.

Giat ini, sebut Ketua Panitia Zona Solor, Kristoforus Herin, diikuti 4 Sekolah, dari 11 SMP di Solor, lantaran bertepatan dengan Bulan Puasa.

Acara ini juga mendapat support 50 an penari kreatif dari SMPN 2 Solor Barat saat pembukaan.

Geril Hayon selaku Pelaksana Ivent pada kesempatan ini meminta agar kedepan, Guru harus kreatif mendorong siswanya untuk berprestasi di bidang Seni, Olahraga dan Budaya.

“Apapun, ruang ini harus terus dibuka untuk pengembangan mutu dan kualitas diri Siswa, sebagai calon pemimpin kelak,”pungkasnya.

Dibagian lainnya, apresiasi hebat kepada PGRI Flotim, juga saat gelar ‘Seri Berbagi PGRI Flotim’, songsong Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa, 02 Mei 2022, yang dihelat mulai Sabtu, 23/04/2022, lalu.

Pembuka Seri Berbagi PGRI Flotim, yang mengangkat topik ‘Guru Milenial Berjiwa Wirausaha, Sabtu, (23/04/2022, dengan narasumber Mustakin, seorang Guru Honor di MAS Muhammadyah Riung, jebolan Magister Manajemen Unwira-Kupang, yang diusianya masih muda, tapi telah menorehkan sejumlah prestasinya di Kampungnya, Riung juga mendapat point positif tersendiri.

Melalui ruang zoom meeting, Alumni SMAK Suryadikara Ende ini berbagi kepada sedikitnya 50 guru di Flotim.

“Tidak harus menjadi PNS. Menjadi Guru Honor yang kreatif dan inovatif membuat Kita sangat merdeka dalam berkarya,”katanya.

Mustakin berceritra dirinya bergerak dari Kampungnya untuk berwirausaha.

“Sejak menjadi Guru, Saya sudah berpikir jauh ke depan dengan mendirikan Yayasan Sa Nai Riung.

Lalu, mengembangkan Cafe dan Restoran Sanai Coffe.

Juga, Sanai Travel Agen, Toko Online Sanai Store, kemudian jadi Pedagang Sapi dan Kopra.

Serta yang terakhir mendirikan Bank Sampah Sanai Riung,”ceritranya menginspirasi.

Skolastika Susanti Tufan, Guru TK Negeri 1 Solor, secara terbuka menyatakan ketertarikannya dengan gagasan Bank Sampah ini.

“Saya sangat tertarik. Saya ingin belajar dan dapat pengalaman, untuk bersama dengan Anak-anak TK Negeri 1 Solor Timur,”kata Susan, memberi apresiasi.

Maksi Masan Kian, dalam kesempatan itu sampaikan, berterima kasih banyak kepada Mustakin yang mau berbagi.

“Inspirasi Takim sangat menggugah.

Ini memberikan motivasi kepada Bapak/Ibu Guru Honor untuk berpikir kreatif dan bertindak inovatif, dalam menghidupkan-kembangkan potensi lokal yang ada di Kampung halaman masing-masing dan beri manfaat positip,”tegas Maksi.

Gebrakan hebat yang tak kalah pentingnya juga adalah, Kolaborasi Pendampingan Calon Guru Penggerak Angkatan 6, melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu, (20/04/2022).

Pendampingan ini, akan dilanjutkan ke tahap seleksi berikutnya, yakni Seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara.

Tiga Narasumber yang diundang, yakni: Ketua Komunitas Guru Penggerak Angkatan 2 Kabupaten Flotim,Emanuel Fernandez Numba, Maria Goreti Peni dan Skolastika Susanti Tufan.

“Sebagai Ketua Komunitas Guru Penggerak, bersama Teman-Teman Kami siap berbagi dengan Guru-Guru di Kabupaten Flotim, mengikuti seluruh tahap seleksi dan menjadi guru penggerak,”terang Guru SMAK Frateran Podor tersebut.

Ia juga memberikan tips kepada Calon Guru Penggerak agar harus menyesuaikan diri dengan menyesuaikan waktu dekat dengan baik.

Hal yang sama disampaikan Maria Goreti Peni.

“Teman-teman, harus menyiapkan diri secara baik, sehingga tampil percaya diri.

Pastikan mengajar dengan tidak menampilkan rasa gugup.

Percaya diri dan komunikatif,”pungkas Maria.

Skolastika Susanti Tufan juga sampaikan, jika ada kendala teknis saat simulasi mengajar atau wawancara, janganlah panik.

“Bangunlah komunikasi yang baik dengan assesor, pasti ada jalan keluar terbaik.

Tahun lalu saat Saya ujian jaringan Saya terputus, waktu habis.

Tapi, Saya masih diberi kesempatan ikut ujian.

Intinya jangan panik. Jika ada pertanyaan, jawablah apa adanya dari pengalaman yang pernah dilakukan dan dialami,”tambahnya.

Sementara Ketua PGRI Flotim, Maksi Masan Kian dalam pernyataannya, memberikan respek dan support bagi Calon Guru Penggerak.

“Kita bersyukur. Pintu masuk dan petunjuk Kita bisa dengan mudah dapatkan dari Guru Penggerak.

Kita akan teruskan. Lakukan konsultasi. Guru Penggerak Kabupaten Flotim Angkatan 2 pasti dengan senang hati mendampingi,”tutup Maksi, memberi semangat besar.

Komentar ANDA?