Hingga April Bank NTT Telah Salurkan Hampir 1 Miliar Untuk Kredit Mikro Merdeka

DELEGASI.COM, MAUMERE – PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (PT. BPD NTT) hingga 9 April 2022, sudah memfasilitasi warga dengan kredit Mikro Merdeka senilai Rp 924.400.000 atau hampir satu milyar.

Adapun skim kredit ini merupakan sebuah terobosan luar biasa dari Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat demi membangkitkan semangat dan harapan agar perekonomian masyarakat NTT lebih baik.

BACA JUGA:

UPT Penda NTT dan Satlantas Polres Malaka Gelar Operasi Penertiban Pajak Kendaraan

Polres Belu Dinilai Cari Alasan Hukum Hambat Casis Polri

Tidak hanya itu melainkan skim kredit ini dihadirkan semata-mata demi membebaskan masyarakat dari belenggu rentenir sehingga bersama-sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank NTT mendesain skema pembiayaan tersebut.

Adapun kelebihan skim kredit ini yakni, memerdekakan masyarakat dari rentenir, bunga dan agunan. Jenis kredit inipun didesain untuk memudahkan para pelaku ekonomi mikro, dalam memperoleh permodalan dengan cara yang mudah, murah dan cepat.

Sabtu (9 April 2022) lalu, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menyaksikan penyerahan kredit kepada lima orang warga Desa Aibura Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka. Moment ini berlangsung di lokasi sanggar budaya Lero Sadang Wolon Mudung, Desa Aibura.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho mendampingi Forkopimda Kabupaten Sikka, saat penyerahan baik itu kredit Mikro Merdeka maupun Tabungan Simpel.

BACA JUGA:

IWPG Berikan Usulan ‘Praktik Aksi dan Pendidikan Perdamaian Perempuan Berkelanjutan’ di CSW ke-66 -IWPG

Demokrat  Manggarai Timur Gelar Pleno, 24 Nama Diusulkan Jadi Calon Ketua DPAC

Hingga saat ini, total penyaluran Kredit Mikro Merdeka secara konsolidasi pada 23 kantor cabang Bank NTT sebesar Rp 14.091.012.500, dengan total warga yang mendapat layanan kredit ini sebanyak 2.566 orang yang tersebar di seluruh NTT. Hingga kini, usaha mereka maju dan berkembang.

Adapun nilai kredit setiap debitur adalah Rp. 5 juta hingga Rp 10 juta.

Masih pada kesempatan yang sama, diserahkan juga tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) Bank NTT yaitu tabungan yang didesain khusus untuk kalangan pelajar, kepada 10 orang pelajar yang berasal dari tempat yang sama.

Untuk diketahui bahwa tabungan pelajar Simpel dicetuskan oleh pemerintah dengan memberikan banyak manfaat.

Salah satunya memberikan pengalaman kepada pelajar untuk membangun budaya gemar menabung serta melatih mereka mengelola keuangannya sejak dini.

//delegasi(tim)

Komentar ANDA?