Home / OPINI / Kadis PMD Manggarai : 22 Desa Persiapan Sudah Diresmikan dan Ada Penjabat Kadesnya
BUPATI-Bupati Manggarai, Deno Kamilis naik sepeda motor saat berkunjung ke desa. //Foto: pos kupang.com

Kadis PMD Manggarai : 22 Desa Persiapan Sudah Diresmikan dan Ada Penjabat Kadesnya

Ruteng, Delehasi.Com – Kadis PMD Manggarai, Sipri Jamun menegaskan, 22 desa persiapan di Manggarai sudah diresmikan oleh Bupati Manggarai yang mengunjungi desa persiapan di daerah itu.

Peresmian desa persiapan di Manggarai dengan memberikan surat keputusan desa persiapan kepada masyarakat saat road show Bupati Manggarai dan pimpinan OPD Manggarai.

Selama kunjungan ke desa persiapan Bupati Manggarai menggunakan sepeda motor guna memastikan kehidupan warga di desa-desa tersebut.

Kadis Sipri di Ruteng seperti dirilis Pos kupang.comm Minggu (8/9/2019) siang menegaskan, peresmian desa persiapan sudah dilakukan oleh Bupati Manggarai.

“Penjabat kades pun semuanya sudah dilantik.Kita berharap semua proses menuju ke desa definitif bisa berjalan lancar sehingga ada SK desa definitif,” kata Kadis Sipri.

Ia menegaskan, pemekaran desa di Manggarai bertujuan mempercepat kemajuan masyarakat sehingga semua pihak harus mendukung langkah pemerintah memekarkan desa.

Sebelumnya, kode register dari Pemprov NTT yang ditandatangan Gubernur NTT, Viktor Laiskodat guna pemekaran desa di Manggarai sudah ada ditangan Dinas PMD Manggarai.

Kode register untuk 22 desa yang akan akan menjajdi menjadi desa persiapan telah diantar langsung Kadis PMD NTT, Petrus Manuk, Minggu (16/6/2019) malam.

Dengan adanya kode register dari Pemprov NTT, kini Dinas PMD Manggarai akan mengusulkan kepada Bupati Manggarai guna melantik penjabat kades dan perangkatnya.

“Kode register ini penting. Dengan adanya kode register yang dikeluarkan oleh Pemprov NTT maka Pemkab Manggarai akan menyiapkan penjabat dan perangkatnya guna dilantik. Setelah ditetapkan jadi desa persiapan maka selanjutnya akan diusulkan ke pusat guna menjadi desa definitif. Biasanya desa persiapan menjadi definitif proses dua tahun tapi bisa juga dipercepat kalau semua dokumen sudah lengkap,” kata Kadis PMD Manggarai, Sipri Jamun.

Ia menjelaskan, desa yang mengusulkan mekar di Manggarai ada 22 desa.

22 desa ini berada 10 kecamatan antara lain Kecamatan Wae Rii 3 desa, Ruteng 2 desa, Satar Mese 1 desa, Cibal 1 desa, Cibal Barat 3 desa, Reok 1 desa, Satar Mese Barat 3 desa, Rahong Utara 4 desa, Lelak 2 desa dan Reok Barat 1 desa.

//delegasi(*/ger)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Memupuk Sikap Antisipasi Bencana

“Kasus bencana badai Seroja yang meluluhlantahkan beberapa kabupaten/kota di NTT (5 April 2021) lalu bisa ...