Categories: BeritaEkbis

Kemenkumham komit KI sektor unggulan untuk pemulihan ekonomi

DELEGASI.COM, KUPANG – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia berkomitmen menjadikan kekayaan intelektual (KI) sebagai salah satu sektor unggulan dan motor penggerak dalam mewujudkan pemulihan dan pembangunan ekonomi nasional pascapandemi.

Kakanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Timur (NTT) Marciana D Jone dalam keterangan yang diterima di Kupang, Kamis, (9/6/2022) mengatakan bahwa pihaknya mendorong agar pemerintah daerah dapat memahami dan turut serta mendukung pelindungan KI.

“Kami sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah bertugas untuk selalu mendorong pemerintah daerah agar dapat memahami dan turut serta mendukung dalam perlindungan kekayaan intelektual,” katanya kegiatan Penguatan dan Evaluasi Data Center Kekayaan Intelektual di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, dilansir Antara.

Marciana mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut yang dilakukan Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur,pihaknya berharap juga agar pemerintah daerah di Kabupaten Manggarai Barat dapat terus mendukung mereka dalam memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang pentingnya potensi kekayaan intelektual yang harus terus dilindungi.

Iapun mengapresiasi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan Direktorat Teknologi Informasi yang telah bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan ini di Labuan Bajo, dimana saat ini Labuan Bajo merupakan kota Wisata Premium yang kaya akan potensi Kekayaan Intelektual.

Direktur Teknologi Informasi Kementerian Hukum dan HAM RI, Dede Mia Yusanti dalam sambutannya ketika membuka secara resmi kegiatan mengatakan, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan Direktorat Teknologi Informasi Kementerian Hukum dan HAM kini terus berupaya untuk menggalakkan informasi dan edukasi tentang pelayanan kekayaan intelektual.

“Kami berterima kasih kepada jajaran Kanwil Kemenkumham NTT yang memiliki semangat luar biasa dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat NTT,” katanya.

Hal tersebut ujar dia terbukti dengan sudah ada beberapa karya intelektual yang memiliki Perda. Hal tersebut menunjukkan bahwa Kanwil Kemenkumham NTT telah melaksanakan tugas dengan baik sehingga pemda turut memberikan perhatian dalam melaksanakan perlindungan kekayaan intelektual di NTT.

Dihubungi secara terpisah, ia mengatakan bahwa banyak oknum yang sangat mudah mempromosikan dan memperjualbelikan potensi sumber daya untuk dieksploitasi bagi kepentingan ekonominya sendiri.

Hal ini menyebabkan terjadinya perebutan atau saling meniru, bahkan mengklaim hasil karya orang lain maupun potensi di daerah lain.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham NTT minta pengawasan orang asing sampai ke desa-desa

Dalam mengantisipasi hal tersebut, hasil karya, olah pikir yang timbul harus diberikan perlindungan setiap pemilik karya dalam memperoleh kepastian hukum.

Baca juga: Kemenkumham telusuri penyebab dugaan deportasi Abdul Somad dari Singapura

“Sudah menjadi tugas kami untuk terus mendorong pemerintah daerah agar dapat terus menjalin sinergi dan kolaborasi guna mewujudkan terlaksananya perlindungan hukum terhadap kekayaan intelektual yang merupakan milik kita sendiri,” ujar Marciana.

//delegasi(*/tim)

Komentar ANDA?

Penulis Delegasi

Recent Posts

KemenPANRB Buka 60.000 Formasi Cakim dan Jaksa Dalam Rekrutmen CASN 2024

Delegasi.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) membuka lowongan kerja bagi calon…

1 minggu ago

Serena Francis Siap Bertarung Dalam Pemilihan Walikota Kupang, Kalangan Milenial Siap Dukung

Delegasi.com - Serena Cosgrova Francis, seorang kader Partai Gerindra yang kini melanjutkan pendidikan masternya di…

2 minggu ago

Kabar Gembira, Pemprov NTT Siapkan 12.489 Lowongan untuk CPNS dan PPPK Tahun 2024

Delegasi.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) bersiap membuka 12.489 lowongan untuk calon…

2 minggu ago

Uni Eropa Akan Terapkan UU Anti-Pencucian Uang, Aset Kripto Menjadi Sasaran

Delegasi.com - Uni Eropa (UE) berencana untuk memperketat regulasi terkait aset kripto dengan menerapkan aturan…

3 minggu ago

Susu Oat vs Susu Almond: Duel Alternatif Sehat Susu Sapi

delegasi.com - Susu oat dan susu almond kini populer sebagai alternatif susu sapi yang lebih…

3 minggu ago

Kisah Zhang, Lulus S3 di Usia 16 Tahun, Kini Tak Punya Pekerjaan dan Menggelandang

Delegasi - Zhang Zhiqiang adalah seorang pemuda asal China yang menjadi sorotan publik pada tahun…

7 bulan ago