google-site-verification=DqeGIBnXUYs0HKVFvHdBfmKMQ2Rf18FTXisPMPCrO2Q

Kepala Desa Oeltua Ragukan Pompa Hidram, Pangdam IX/UYD Datangi Desa Oeltua

  • Bagikan

KUPANG, DELEGASI. COM–Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc beserta rombongan tiba di Bandara El Tari Kupang sekitar Pukul 13.50 Wita. Kedatangan Pangdam IX/Udayana beserta rombongan ini dalam rangka melaksanakan Kunjungan Kerja di Wilayah Korem 161/Wira Sakti.

Lebih lanjut setelah turun dari pesawat, tepatnya di Apron Bandara El Tari Kupang dengan protokol kesehatan yang ketat, Pangdam IX/Udayana dijemput oleh Komandan Korem 161/WS Brigjen TNI Iman Budiman, S. E., Kasrem 161/WS, para Kasi Kasrem 161/WS, Dandim 1604/Kupang dan Kabalak Aju Kodam IX/Udayana.

“Usai Pangdam IX/Udayana menerima penyambutan dari Komandan Korem 161/Wira Sakti, para Kasi Korem 161/WS, Dandim 1604/Kupang dan Kabalak Aju Kodam IX/Udayana dilanjutkan transit di VIP Room Pemda Bandara El Tari Kupang. Setelah itu melanjutkan perjalanan darat menuju Desa Oeltua Kabupaten Kupang didampingi oleh Komandan Korem 161/WS, Aslog Kasdam IX/Udy, Aster Kasdam IX/Udy, Waaslog Kasdam IX/Udy, Kasrem 161/WS, para Kasi Kasrem 161/WS dan Dandim 1604/Kupang serta Danramil 1604-01/Kupang dalam rangka melaksanakan peninjauan dan pengecekan lokasi pembangunan Pompa Hidram”, tutur Sertu Kurniawan Staf Penerangan Korem 161/Wira Sakti dalam rilis tertulisnya, Minggu siang (02/01/2022).

Baca juga: Korem 161 Wira Sakti Gelar Tradisi Pelepasan Pejabat Lama

Lokasi yang ditinjau oleh Pangdam IX/Udayana terletak di Desa Oeltua Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT). Pangdam IX/Udayana tiba di lokasi Pompa Hidram di Desa Oeltua di sambut oleh Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat yang diawali dengan sapaan Natoni dan dilanjutkan pengalungan kain Tais khas NTT.

Kepala Desa Oeltua, Kabupaten Kupang Niael Manane, dalam sambutannya menyampaikan bahwa program TNI-AD air bersih ini dengan Pompa Hidram di wilayah ini sudah sejak tiga bulan sudah mendapatkan air bersih.

Saya sebelumnya sangat meragukan bagaimana pompa ini bisa bekerja, air memompa air sedangkan kita sudah memakai segala jenis kompa yang ada tetapi tidak bisa naik.

“Nah ini juga menjadi keraguan kami tetapi dengan motivasi dari TNI lewat Babinsa dan Koramil membawa saya ke titik-titik tertentu yang sudah dibuat oleh TNI Angkatan Darat (AD) tentang Pompa Hidram dan disitulah menjadi keyakinan saya bahwa di tempat kami pun bisa mendapatkan air bersih, ” tuturnya.

Berkat Pompa Hidram ini, lanjut  Manane, Puji dan Syukur di dalam proses pekerjaan selama tiga bulan tanpa mengenal lelah masyarakat saling bahu membahu bekerjasama dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama serta semua elemen terkait bersama Babinsa dan Koramil semua bisa berjalan dengan baik dan air ini sudah diresmikan 28 Desember 2021 kemarin.

“Kami sudah menikmatinya berkat Pompa Hidram ini, kami ucapan terimakasih kami kepada TNI-AD khususnya Pangdam IX/Udayana yang telah bersedia membantu kami memberikan bantuan Pompa Hidram ini dan puji syukur kedepannya kami akan mendapatkan lagi bantuan Pompa Hidram untuk menjawab kebutuhan air di wilayah Desa kami Oeltua dan akan di kerjakan dalam tahun ini juga. Semoga semuanya ini tercapai dengan baik atas kerjasama dari TNI dan masyarakat, smoga TNI tetap jaya NKRI tetap jaya”, tandasnya.

Ditempat yang sama juga Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. melaksanakan dialog dengan masyarakat kaitannya dengan kesulitan masyarakat di wilayah teritorial Kodam IX/Udayana.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam mengatakan bahwa saya kebetulan datang kesini yaitu di Desa Oeltua ini, apa yang disampaikan oleh Pak Kades tadi saya pikir kenapa tidak sekalian mengecek 1 atau 2 tempat Pompa Hidram? betul tidak bisa berfungsi dengan baik? sebetulnya itu yang mudah kenapa tidak dikerjakan? Saya juga sangsi sebetulnya cuma kerjakan dan berdo’a, itulah yang menjawab semuanya.

“Jadi mudah-mudahan setelah ini generasi-generasi ke depan kita nanti akan bisa lebih baik dari kampung ini, ” Ujar Pangdam

Pangdam juga menjawab salah satu pertanyaan dari masyarakat yang menyinggung persyaratan menjadi Anggota TNI, dalam hal itu Pangdam menjawab bahwa persyaratan menjadi TNI itu sekolah yang baik, jaga kesehatan.

“Semua bisa daftar, saya yakin sekolah yang benar, jaga kesehatan bisa saja semua masuk. Setiap tahun ratusan orang dari NTT mulai Tamtama, Secaba dan Akademi cuma mungkin dulu banyak yang mendaftar tapi banyak kekurangan berat badan, tinggi badan dan banyak yang sakit karena kekurangan air dan banyak yang lainnya sebagainya. Mudah-mudahan setelah ada Pompa Hidram ini, sehat dan sekolah yang baik, mudah-mudahan nanti ada yang jadi Pangdam Udayana dari kampung sini,Pangdam juga berharap mudah-mudahan kampung ini bisa jauh lebih baik dari masa-masa yang lalu, “tuturnya.

Pangdam juga berterimakasih kepada warga serta menghimbau kampanyekan kepada yang lain, mana yang memerlukan bantuan di data saja dan berdo’a supaya bisa terkabul apa yang kita minta.

Turut mendampingi Pangdam IX/Udayana, Danrem 161/WS, Aslog Kasdam IX/Udy, Aster Kasdam IX/Udy, Waaslog Kasdam IX/Udy, Kasiter Kasrem 161/WS, Kasilog Kasrem 161/WS, Dandim 1604/Kupang, Danramil dan Tokoh Adat serta Tokoh Masyarakat.

//delegasi (*/AgusT)

Komentar ANDA?

  • Bagikan