Home / Polkam / KPU Resmi Tetapkan IE RAI sebagai Paslon Bupati-Wabup Sabu Raijua

KPU Resmi Tetapkan IE RAI sebagai Paslon Bupati-Wabup Sabu Raijua

SEBA, DELEGASI.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sabu Raijua, Rabu (23/9/2020) resmi menetapkan pasangan Drs. Orient P. Riwu Kore-Ir. Thobias Uly, M.Si sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua.

Pasangan ini ditetapkan setelah KPU menyeleksi berkas syarat calon dan dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan.

Keputusan tersebut diantar langsung rombongan Komisioner KPU Sabu Raijua yang dipimpin langsung Ketua KPU Kirenius Padji ke Sekretariat Paket IE RAI, di Jalan El Tari, Rabu (23/9/2020).

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kirenius Padji mengatakan keputusan penetapan tersebut telah ditetapkan karena telah melalui beberapa tahapan seleksi.

Penetapan kali ini berbeda dengan tradisi sebelumnya yang berlangsung di kantor KPU Sabu Raijua.

“Setelah menerima berkas pendaftaran Paket IE RAI, kami lanjutkan dengan proses verifikasi dan kedapatan ada dokumen yang belum lengkap, sehingga pada saat itu pun kami berkoordinasi dengan pasangan calon maupun penghubung untuk melengkapi dokumen yang belum lengkap tersebut.

Pada tanggal empat belas Paket IE RAI lewat penghubungnya menyerahkan dokumen-dokumen perbaikan dan telah kami lakukan verifikasi mulai dari tanggal enam belas sampai tanggal dua puluh dua kemarin dan hasil penelitian tersebut tentunya kami tuangkan dalam satu keputusan Berita Acara,” jelas Kirenius.

Ia juga menyampaikan alasan utama KPU yang mendatangi sekretariat para pasangan calon dikarenakan untuk menghindari terjadi penumpukan massa di KPU Sabu Raijua yang bisa menyebabkan penularan covid-19.

“Kita ketahui bersama bahwa dunia dan negara kita ada dalam situasi pandemi dan salah satu hal yang diatur dalam PKPU maupun undang-undang yang dibuat oleh pemerintah untuk menghindari perkumpulan massa maka dalam rapat pleno internal kami putuskan hasil keputusan penetapan pasangan calon kami antarkan langsung kepada para pasangan calon paket IE RAI.

Apapun hasilnya itu merupakan bagian dari proses yang telah dilalui oleh paslon dan kami serahkan dalam bentuk dokumen,” jelasnya.

Dalam momen penyerahan dokumen penetapan pasangan calon ini pun, pihak Polres Sabu Raijua melalui Kapolres, AKBP Jacob Seubelan melakukan serah terima Pengawal Pribadi (Walpri) yang akan mengawal pasangan calon paket IE RAI sebanyak empat personil.

Sementara itu, calon Bupati Drs. Orient Riwu Kore menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU dan seluruh jajaran komisioner beserta semua pihak yang telah berjeri lelah dalam setiap tahapan yang telah berlangsung.

“Terima kasih atas jeri payah seluruh tim komisioner KPU yang telah bekerja keras. Saya juga minta supaya kita sama-sama menjalankan tugas masing-masing sesuai peraturan yang ada juga keputusan yang telah disepakati.

Mengenai Walpri yang telah diberikan oleh pihak Polres, kami juga ucapkan terima kasih dan apapun adanya kami terima,” ujar Ama Riko-sapaan akrab Orient Riwu Kore.

Ama Riko juga menjelaskan, terkait kondisi pandemi, dirinya telah mengimbau agar para pendukung dan simpatisan tidak menghadiri kegiatan pentepan calon pada hari ini.

“Kami telah mengimbau massa kami untuk tidak ikut menghadiri kegiatan ini dan seperti yang kita saksikan bersama bahwa tidak ada massa yang hadir karena mereka mengindahkan imbauan kami dan taat protokol kesehatan yang telah disosialisasikan oleh pemerintah setempat,”

//delegasi(*/tim)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Mahasiswa Tolak Tawaran Mediasi Polisi untuk Bertemu dengan KSP

JAKARTA,DELEGASI.COM– Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menolak tawaran mediasi yang diajukan kepolisian untuk bertemu ...