Home / Lintas Fobamora / Krisis air Bersih, Warga Kampung Detuara -Sikka Kumpul Dana Secara Swadaya

Krisis air Bersih, Warga Kampung Detuara -Sikka Kumpul Dana Secara Swadaya

MAUMERE, DELEGASI.COM – Untuk mengatasi krisis air bersih di Kampung Detuara, Desa Detubinga Kecamatan Tanah Wawo Kabupaten Sikka, warga dan pemuda setempat mengumpulkan dana secara swadaya.

Dana itu digunakan unuk membeli pipa, selanjutnya menyambung pipa dari sumber mata Air Lowo Roa yang berjarak kurang lebih lebih 4 kilometer menuju kampung itu.

 

Demikian yang disampaikan  Koordinat kegiatan Kristoforus Feli dengan sapaan Tonce kepada media ini melalui sambungan telepon Sabtu, (4/7/2020).

Dia menjelaskan, saat ini, dimusim kemarau seperti ini, warga kampung Detuara kesulitan air bersih. Sehingga pihaknya bersama warga setempat berinisiatif bagaimana cara agar air bersih bisa masuk di kampung itu.
Upaya itu ternyata sukses, sehingga sekarang suplai air bersih untuk Kampung Detuara sudah tersedia.

Kendati suplai air ersih di kampung Detuara sudah ada, Kristo Feli masih berharap ada dukungan dana dari pemerintah desa, kabupaten maupun pemerintan provinsi. Sebab kedati air bersih sudah masuk di Kampung Deruara, namjm debitnya masih kurang.

Oleh karena itu dia merharap agar pemerintah bisa intervensi kegiatan itu.

Karena menurutnya ketersediaan air bersih di suatu kampung dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dari sisi sanitasi lingkungan, mencukupi kebutuhan air dan juga menghidukan kegiatan pertanian yang ujungnya meningkatkan perekonomian masyarakat kampung.

“Saya dan masyarakat kampung Detuara sangat mengharapkan dukungan Pemerintah Desa, kabupaten dan Provinsi serta semua pihak sehingga kerinduan masyarakat kampung dapat terwujud,” kata Kristo.

//delegasi (*/gerwis)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

11 Paus Pilot Ditemukan Terdampar di Pantai Lie Jaka Sabu Raijua

KUPANG, DELEGASI.COM – 11 Paus Pilot (Globicephala Macrorhynchus) ditemukan terdampar di Pantai Lie Jaka, Kelurahan ...