Berita  

Labuan Bajo  Tuan Rumah Hari Air Internasional 2022

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengajak para negara peserta Asia International Water Week (AIWW) untuk menguatkan kerjasama bidang Sumber Daya Air (SDA), khususnya dalam menghadapi tantangan masalah air yang ditimbulkan oleh Pandemi Covid-19 dan Fenomena La-Nina. Perumusan dalam memecahkan masalah keairan di Asia tersebut dimatangkan dalam Forum Pre AIWW Ke-2 di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Desember 2021 lalu.//Foto: delegasi.com(Humas Kementerian PUPR)

DELEGASI.COM, KUPANG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menetapkan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai tuan rumah kegiatan Hari Air Internasional Asia pada Maret 2022.

“Pemerintah NTT terima kasih kepada Kementerian PUPR yang memilih lokasi destinasi super premium, Labuan Bajo, Manggarai Barat, sebagai tempat kegiatan Hari Air Internasional 2022,” kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, saat menerima kunjungan Ketua Umum panitia nasional pekan Air Internasional Asia Kedua (2nd Asia International Water Week) tahun 2022 Ir. Lilik Retno Cahyadiningsih, di Kupang, Kamis (9/2), dilansir Antara.

Viktor mengapresiasi atas kerja keras dari panitia nasional dan panitia daerah untuk menyukseskan kegiatan berskala Asia itu di NTT.

“Kami mengapresiasi karena telah memilih Labuan Bajo yang merupakan lokasi destinasi super premium di Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara kegiatan tersebut,” katanya.

BACA JUGA:

18 Wilayah  di NTT Waspada Hujan Deras Dua Hari ke depan

Ia mengatakan Kementerian PUPR telah memberi perhatian besar untuk NTT dengan menggelar berbagai kegiatan berskala internasional di Labuan Bajo, ujung barat Pulau Flores itu.

Menurut Viktor penataan Kota Labuan Bajo sebagai destinasi prenium semakin indah, karena terus didandani sebagai lokasi kegiatan G-20 dengan komodo yang ikonik dan eksotik.

Gubernur Viktor juga menegaskan akan mendukung sepenuhnya kegiatan 2nd Asia International Water Week agar dapat berlangsung lancar dan sukses.

“Jangan khawatir, NTT tetap aman dan nyaman bagi siapa saja, apalagi menyambut kehadiran tamu-tamu istimewa berkelas dunia, itu pasti karena NTT ini merupakan bentangan sorga terindah, karena telah bermetamorfosa sempurna dan penuh eksotik”.

“Kami pasti akan suguhkan budaya NTT yang khas dihiasi pesona alam terindah, yang tidak akan pernah ditemui di belahan dunia manapun, kecuali di NTT, yang dikenal sebagai New Tourism Territory,” katanya.

BACA JUGA:

Fadmmab Gelar Aksi di Gedung DPRD NTT Tolak Pembangunan Geothermal di Manggrai Barat

Sementara itu Ketua Umum Panitia Nasional Pekan Air Internasional Asia Kedua Lilik Retno Cahyadiningsih menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang telah bersedia mendukung pelaksanaan ajang besar berkelas dunia di NTT.

Ia mengatakan kegiatan pekan Air Internasional Asia Kedua (2nd Asia International Water Week) berlangsung pada 13-16 Maret 2022 di Labuan Bajo Manggarai Barat.

Lilik Retno Cahyadiningsih yang juga Direktur Kepatuhan Intern Ditjen SDA Kementerian PUPR itu mengatakan pada kegiatan tersebut akan dihadiri sejumlah kepala negara dan para menteri serta AWC Board Members dari 27 organisasi di 15 negara se-Asia, di antaranya dari Jepang, Filipina, Uzbekistan, China, termasuk Presiden Korea dan juga Presiden RI Joko Widodo yang akan hadir langsung dan membuka The 2nd Asia International Water Week Tahun 2022 tersebut.

BACA JUGA:

Demo Tolak Geothermal Oleh Aktivis PMKRI Berujung Ricuh Pagar Kantor Bupati Manggarai Barat Roboh

Lilik Retno Cahyadiningsih berharap pada kegiatan tersebut juga ditampilkan tarian khas NTT, seperti Lego-lego dan Tebe yang akan mempererat persaudaraan.

“Agar masyarakat dunia pun ikut terlibat dalam pelestarian budaya dan lingkungan,” katanya.

BACA JUGA:

Aktivis PMKRI Demo Tolak Geothermal Wae Sano, Pintu Gerbang Kantor Bupati Manggarai Barat Ditutup

//delegasi(*/Ant)

 

Komentar ANDA?