Home / Olahraga / “Marc Marquez Bisa Lanjutkan Dominasi di MotoGP, tetapi Itu Tergantung Honda”
Marck Marques //Foto: Repsol Honda

“Marc Marquez Bisa Lanjutkan Dominasi di MotoGP, tetapi Itu Tergantung Honda”

JAKARTA, DELEGASI.COM – Kelanjutan dominasi Marc Marquez di kompetisi MotoGP dinilai akan bergantung pada perkembangan motor Honda. Penilaian itu diungkapkan oleh kompatriot sekaligus mantan rekan satu tim Marc Marquez di Repsol Honda, Jorge Lorenzo. Jorge Lorenzo yang kini menjadi pebalap penguji Yamaha, mengatakan, Marc Marquez sebenarnya berpeluang melanjutkan dominasinya di MotoGP musim ini andai pebalap Spanyol itu tidak cedera.

Marc Marquez mengalami situasi yang sulit dengan tidak bisa membela Repsol Honda akibat mengalami kecelakaan fatal pada balapan pertama MotoGP 2020.

Dalam balapan MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol tersebut, Marc Marquez pulang dengan cedera patah tulang lengan kanan yang membuatnya terancam kehilangan gelar juara. Terlepas dari cedera dan harus absen lama untuk masa pemulihan, Marc Marquez diyakini masih bisa melanjutkan dominasinya yang sudah berjalan dalam beberapa musim terakhir. Setidaknya itulah yang dirasakan Jorge Lorenzo karena semua tim dan pebalap MotoGP mempunyai peluang setara untuk menang sejak rider berjuluk The Baby Alien itu absen. “Saya pikir hampir semua pabrikan bisa memenangi sebuah balapan pada saat ini,” kata Jorge Lorenzo, dilansir BolaSport.com dari laman Speedweek. Jorge Lorenzo pun sudah memprediksi dominasi Marc Marquez. Akan tetapi, menurut Jorge Lorenzo, hal itu tergantung pada kinerja motor Honda RC213V.

Selama ini, RC213V dikenal merupakan motor tersulit. Sebab, tidak ada rider Honda selain Marc Marquez yang bisa memenangi sebuah dengan motor tersebut. Akan tetapi, kinerja Marc Marquez di atas RC213V pada musim ini belum bisa dinilai secara utuh meski sang pebalap sempat menunjukkan performa yang kuat saat memulihkan posisinya. “Sebelum musim ini dimulai saya pernah ditanya apakah menurut saya Marc Marquez akan dominan lagi dan saya katakan itu semua tergantung dengan motornya,” tutur Jorge Lorenzo. “Hal itu karena Honda adalah sebuah motor yang sangat sulit, tidak ada pembalap selain Marc Marquez yang bisa menang dengan itu.”

“Kami melihat Marc Marquez telah tampil kuat di Jerez, tapi kami tidak tahu apa yang akan terjadi ketika dia mengaspal di sirkuit lain,” kata Jorge Lorenzo lagi. Meski demikian, Jorge Lorenzo merasa Marc Marquez merupakan pembalap kuat dengan talentanya yang sudah terlihat sejak menjalani debutnya di kelas tertinggi.

“Saya telah mengatakan sejak tahun pertamanya di MotoGP dia sangat berbakat, dan sejak itu Marc Marquez mampu memperbaiki kelemahannya setiap musim,” tutur Jorge Lorenzo mengakhiri.

//delegasi(kompas)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Hasil FP1 MotoGP Prancis: Miller Tercepat, Marquez ke-5

PARIS, DELEGASI.COM – Pembalap Ducati, Jack Miller jadi yang tercepat pada sesi tes bebas pertama (FP1) ...