Home / Pendidikan / Menulis adalah Mengemukakan Ide dalam Tulisan…!
Menulis
Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi NTT, Ir. Frederik J. W. Tielman, M.Si

Menulis adalah Mengemukakan Ide dalam Tulisan…!

Kupang, Delegasi.com – Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi NTT, Ir. Frederik J. W. Tielman, M.Si mengatakan, kegiatan menulis sangat penting dan strategis bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan perpustakaan; apalagi menulis dengan berpedoman pada standar penulisan ilmiah. Karena itu, menulis adalah mengemukakan ide dalam tulisan yang baik dan benar sehingga bermanfaat bagi pembaca.

Hal tersebut diungkapkan Frederik Tielman saat membuka dengan resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Karya Tulis Ilmiah tahun 2017 di aula Dinas Perpustakaan Provinsi NTT, Jalan Tompello no 1 Kupang, Selasa (5/12/2017).

Menurut Frederik Tielman, menulis tidak sama dengan saat berbicara. “Menulis tidak sama dengan baomong (bicara). Baomong lancar, tapi menulis tidak lancar. Nah, ini yang repot dan bikin pusing kepala. Karena itu, perlu melatih nalar dan cara berpikir yang baik dan benar sesuai kaidah penulisan karya tulis ilmiah,” kata Tielman dan menambahkan,”sebuah tulisan yang baik adalah bisa memberi solusi bagi para pembaca.”

Ketua Panitia yang juga Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, Etty Keo, S.AP melaporkan bahwa latar belakang digelarnya Bimtek Penulisan Karya Tulis Ilmiah tahun 2017 karena kurangnya pemahaman para ASN khususnya para pustakawan tentang cara menulis karya ilmiah yang baik. “Karena itu, dengan mengikuti kegiatan ini, kami berharap agar para ASN dan khususnya para pustakawan mendapat bimbingan dan mampu menulis karya tulis ilmiah yang baik dan benar,” kata Etty Keo.

Kegiatan Bimtek tersebut, lanjut Etty Keo, digelar selama dua hari terhitung 5-6 Desember 2017 dan diikuti 35 peserta yang berasal dari pustakawan Dinas Perpustakaan NTT dan pustakawan dari luar instansi Dinas Perpustakaan NTT dan menghadirkan narasumber DR. Mesak Dethan, M.Th (staf pengajar Unkris Artha Wacana Kupang) dan Drs. Alexander B. Koroh, M.PM (ASN Dinas Perpustakaan Provinsi NTT).

Dalam paparan materinya,  Drs. Alexander B. Koroh, M.PM mengatakan, ada lima hal utama untuk apa menulis yakni intelectual exercise, produksi dan kontribusi pengetahuan, utang piutang pengetahuan, publish or perish, serta modal simbolik, modal ekonomis dan modal sosial. Sedangkan DR. Mesak Dethan, M.Th memaparkan materi tentang teknik penulisan karya tulis ilmiah. Nampak para peserta Bimtek antusias mendengar dan menyimak berbagai materi yang disampaikan para narasumber.//delegasi(valeri guru)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Petrus Kowa Deket Nakodai PGRI Witihama

ADONARA-DELEGASI.COM–Forum bergengsi, Konferensi Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Witihama, Sabtu, 13 Februari 2021, di ...