Home / Internasional / Newcastle Vs Man United, Rekor Penalti Bruno Tercoreng, MU Tetap Menang
Gelandang Portugal, Bruno Fernandes, tampil melawan Swedia di Sradion Alvalade, pada 14 Oktober. (PATRICIA DE MELO MOREIRA/AFP)

Newcastle Vs Man United, Rekor Penalti Bruno Tercoreng, MU Tetap Menang

KOMPAS.com – Manchester United berhasil mengalahkan Newcastle United pada lanjutan laga Liga Inggris. Laga Newcastle vs Man United di St James Park itu berakhir dengan skor 1-4 untuk kemenangan Setan Merah, Minggu (18/10/2020) dini hari WIB.  Gol kemenangan Man United dicetak Harry Maguire (23′), Bruno Fernandes (85′), Aaron Wan-Bissaka (90′), dan Marcus Rashford (90+5′). Adapun satu balasan dari Newcastle tercipta lewat gol bunuh diri Luke Shaw (2′).

Atas hasil ini, Man United kini merangkum enam poin dari empat laga dan menempati posisi ke-14 dalam klasemen sementara Liga Inggris. Adapun Newcastle saat ini menempati posisi ke-11 dengan raihan tujuh poin dari lima kali berlaga. Laga yang berlangsung di Stadion St James’ Park ini diwarnai dengan kegagalan penalti Bruno Fernandes. Akan tetapi, dia mampu membalasnya dengan mencetak satu gol dan menciptakan satu assist. Selain Fernandes, Marcus Rashford juga berhasil mencetak gol dan asisst. Rashford mencetak satu gol dan menciptakan dua assist.

Pertandingan tersebut diwarnai dengan jual beli serangan antar-kedua tim. Newcastle membuka keunggulan pada menit kedua setelah Luke Shaw melakukan gol bunuh diri pada menit kedua. Setan Merah lalu bisa menyamakan kedudukan 1-1 lewat gol Harry Maguire pada menit ke-23.

Memasuki babak kedua, Man United mencoba menekan tim tuan rumah. Namun, serangan-serangan Man United yang diinisiasi Marcus Rashford dan Bruno Fernandes masih mampu digagalkan Newcastle. Sementara itu, Man United membangun serangan lewat Rashford dan Fernandes, Newcastle mencoba menekan lawan mereka lewat kerja sama Saint-Maximin dan Jonjo Shelvey.

Pada menit ke-50, Allan Saint-Maximin melepaskan umpan lambung dari dalam kotak penalti. Callum Wilson, yang berdiri tepat di depan David de Gea, langsung menyodok bola. Akan tetapi, sepakannya masih terlalu lemah sehingga bisa diselamatkan De Gea. Manchester United berkesempatan menambah gol mereka setelah mendapat hadiah penalti pada menit ke-57.

Melalui tinjauan VAR, wasit memutuskan bahwa Rashford telah dilanggar di dalam kotak terlarang oleh Jamal Lewis. Namun, Fernandes sebagai eksekutor gagal menjalankan tugas dengan baik. Arah sepakan kaki kanan pemain berpaspor Portugal itu mampu terbaca oleh kiper Newcastle, Darlow.

Kegagalan tersebut menodai rekor penalti Fernandes selama ini. Sejak didatangkan Man United pada Januari lalu, ini baru pertama kalinya Fernandes mengalami kegagalan mencetak gol via titik putih.

Pada 10 kesempatan yang pernah diberikan pada Fernandes sebelumnya, dia selalu berhasil menjalankan tugas dengan baik. Gelandang asal Portugal ini memiliki rekor penalti yang sempurna dengan 100 persen konversi menjadi gol dari tendangan titik putih. Pada musim 2019-2020, Fernandes mampu mencetak 12 gol dan delapan assist dari 22 pertandingan bersama Setan Merah. Delapan gol di antaranya dicetak eks pemain Sporting CP ini dari titik 12 pas. Pada menit ke-60, Aaron Wan-Bissaka mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan menyusur menggunakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Namun, bola masih bisa diantisipasi oleh Darlow. Satu menit kemudian, usaha Man United kembali gagal usai sepakan kaki kanan Fernandes dari luar kotak penalti kembali digagalkan kiper berusia 30 tahun itu. Man United kembali mendapatkan peluang pada menit ke-79 lewat sepakan Harry Maguire dari luar kotak penalti. Namun, tendangan sang kapten masih melebar ke sisi kanan gawang. Pada menit ke-85, Fernandes berhasil membayar kegagalannya. Lewat kerja sama apik dengan Donny van de Beek dan Rashford, Fernandes sukses membawa Man United unggul 2-1.

Rashford yang yang sukses merangsek ke dalam kotak penalti lawan melepaskan operan kepada Fernandes. Tak butuh waktu lama bagi Fernandes untuk melepaskan sepakan keras kaki kanan ke tiang jauh yang tak mampu dijangkau Darlow. Pada menit ke-90, giliran Wan-Bissaka yang mendapatkan umpan manis Rashford di dalam kotak penalti. Wan-Bissaka mampu mengonversi operan tersebut menjadi gol setelah melepaskan tendangan kaki kanan ke siri kiri gawang Darlow. Skor 3-1 untuk keunggulan Man United.

Dua kali menciptakan assist, Rashford akhirnya mencetak gol pada menit ke-90+5′ setelah melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti usai mendapat umpan terobosan Fernandes. Gol Rashford sekaligus memastikan kemenangan Man United 4-1 atas Newcastle.

 Newcastle United (4-4-2): 26-Karl Darlow; 17-Emil Krafth, 6-Jaamaal Lascelles, 18-Federico Fernandez, 15-Jamal Lewis;16-Jeff Hendrick, 8-Jonjo Shelvey, 14-Isaac Hayden (49-Fabian Schaer),10- Allan Saint-Maximin; 9-Joelinton, 13-Callum Wilson

Pelatih:Steve Bruce

Manchester United (4-2-3-1): 1-David de Gea; 29-Aaron Wan-Bissaka,2- Victor Lindelof, 5-Harry Maguire, 23-Luke Shaw;39-Scott McTominay, 17-Fred (6-Paul Pogba); 8-Juan Mata, 18- Bruno Fernandes,21-Daniel James (34-Donny van de Beek); 10-Marcus Rashford.

//delegasi(*)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Israel Gempur Rumah Pemimpin Hamas di Gaza!

GAZA, DELEGASI.COM – Israel kembali melancarkan serangan udara ke jalur Gaza. Kali ini yang disasar adalah kediaman pimpinan Hamas, Yahya Sinwar. ...