Pekan Olahraga Provinsi Ajang Ujicoba Prestasi Olahraga NTT Pada PON 2028

DELEGASI.COM, KUPANG – Terhitung mulai Sabtu (12/11) besok, even akbar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTT, resmi dimulai hingga berakhir pada 18 November.

Bagi KONI NTT, Porprov ini menjadi ajang ujicoba bagi semua atlet menunjukkan kesiapan dan prestasinya menuju PON Tahun 2028.

“Porprov NTT 2022 ini menjadi ajang persiapan para atlet dan bagaimana persiapan Provinsi NTT untuk mengorganisir diri menjelang PON 2028. Jadi ini semacam uji coba. Untuk hal-hal yang sudah bagus, kita bisa tingkatkan lagi, dan yang masih kurang akan diperbaiki. Lebih dari itu kita persiapkan atlet untuk berprestasi, serta sukes jadi tuan rumah PON,” jelas Ketua Umum KONI NTT, Josef Adrianus Nae Soi, kepada wartawan di Kupang, Jumat (11/11/2022).

Menurut Nae Soi yang juga Wagub NTT ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menargetkan ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) NTT yang dipusatkan di Kota Kupang menjadi ajang persiapan menuju PON tahun 2028. Apalagi, NTT menjadi tuan rumah.

Kata dia, Porprov kali ini akan berlangsung satu minggu, sejak tanggal 12 hingga 18 November 2022.

Dia menjelaskan, even Porprov NTT tahun ini mengusung tema ‘Merajut Persaudaraan, Mengukir Prestasi untuk Persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 di NTT”, akan berlangsung satu minggu, sejak tanggal 12 hingga 18 November 2022.

“Porprov tahun ini diikuti 22 kabupaten/kota yang ada di NTT, dengan 19 Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dilombakan, diluar bola kaki,” tegasnya.

Pesertanya, sebut dia, sebanyak 2.656 orang, yang perinciaannya masih di verifikasi oleh panitia, terutama terkait jumlah Cabor yang diikuti oleh masing-masing kabupaten/kota.

Dia menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah tempat atau venue sebagai lokasi berlangsungnya even Porprov dari belasan Cabor yang akan dilombakan.

“Untuk venue kita sudah siapkan. Ada yang di Unwira, Undana, Pitoby Center, dan di beberapa tempat lagi. Sementara stadion utama Oepoi digunakan untuk pembukaan dan penutupan, serta ujarnya.

Ketua Umum Panitia Porprov NTT, Dr ?Ikknce Sayuna, menjelaskan, pembukaan Porprov akan dilakukan Sabtu 12 November 2022, dan akan dihadiri langsung Ketua Umum KONI Pusat dan Kementrian Pemuda dan Olahraga.

“Jadi acara besok diharapkan meriah dan ita harus yakinkan mereka bahwa NTT sudah siap menjadi tuan rumah PON 2028,” tegasnya.

//delegasi (hermen Jawa)

Komentar ANDA?