Home / Polkam / Pemerintah Lembata Alokasikan Rp20 Miliar Sukseskan Harnus
Lembata
Penjabat Bupati Lembata,Piter Manuk

Pemerintah Lembata Alokasikan Rp20 Miliar Sukseskan Harnus

Kupang, Delegasi.Com– Pemerintah Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  mengucurkan Rp20 miliar untuk mensukseskan puncak peringatan Hari Nusantara (Harnus) pada 13 Desember 2016 di Lewoleba, ibu kota kabupaten itu.

“Dana yang disiapkan itu bersumber dari APBD Lembata. Pemerintah pusat melalui kementerian terkait juga mengalokasikan sejumlah dana untuk menyelenggarakan kegiatan nasional itu,” kata Penjabat Bupati Lembata, Piter Sinun Manuk kepada wartawan, Selasa (6/12).

Piter mengatakan, ada dua lokasi yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan puncak peringatan Harnus 2016, yakni di atas dermaga Lewoleba dan Expo Nusantara. Berbagai langkah persiapan telah dilakukan Pemerintah Lembata. Diyakini, kegiatan berjalan lancar dan sukses.

Menyinggung soal penginapan untuk para peserta dan tamu yang akan menghadiri puncak peringatan Harnus, Piter sampaikan, pemerintah sudah koordinasi dengan semua penginapan yang ada di Kota Lewoleba. Bahkan rumah penduduk yang dinilai layak pun telah dikomunikasikan untuk dijadikan sebagai tempat penginapan. Tidak hanya itu, asrama- asrama yang layak pun sudah disiapkan. Walau demikian, daya tampungnya masih sangat terbatas, tidak sebanding dengan peserta dan tamu yang akan datang pada puncak peringatan Harnus dimaksud.

“Kita akan pakai kapal milik PT Pelni, KM Umsini sebagai tempat penginapan apung terutama bagi peserta atau tamu yang tidak mendapat penginapan di darat,” papar Piter.

Lebih lanjut Piter yang masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT ini mengatakan, pihaknya juga segera berkoordinasi dengan manajemen maskapai penerbangan Susi Air dan TransNusa. Koordinasi ini dimaksudkan agar dua maskapai dimaksud bisa menambah frekuensi penerbangan ke dan dari Lewoleba, menyinggapi Bandara Wunopito.

Pada kesempatan itu Piter mengungkapkan, yang paling penting dari kegiatan itu adalah pasca puncak peringatan Harnus untuk Lembata. Diharapkan, pemerintah pusat memberi perhatian yang maksimal untuk pelaksanaan pembangunan di Lembata yang bersumber dari APBN, seperti pengerjaan infrastruktur jalan, dermaga, perluasan bandara. Untuk hal ini, semua proposal tentang kebutuhan pemerintah dan masyarakat Lembata sudah dikirim ke pemerintah pusat, tinggal menunggu realisasinya.//Delegasi (Mario)

 

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Komunitas Pro Bono Publico Gelar Webiner ‘Waspada Kebangkitan Fundamentalisme

JAKARTA, DELEGASI.COM – Pancasila harus menjadi gerakan dan keteladanan, demikian antara lain yang menjadi simpulan ...