Home / Pariwisata / Pemkab Flotim Dukung Festival Budaya Koramil 1624-02 Adonara Jadi Event Tahunan
Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Flotim, Apolonia Corebima,SE saat mengunjungi Panggung Hiburan dan Festival Seni Budaya Lokal Khas Adonara, Rabu, 13/11/2019. (Delegasi.Com/BBO)

Pemkab Flotim Dukung Festival Budaya Koramil 1624-02 Adonara Jadi Event Tahunan

LARANTUKA, Delegasi.Com – Pemerintah Kabupaten Flores Timur melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur mendukung sepenuhnya Festival Budaya Koramil 1624-02 Adonara jadi agenda tahunan.

Hal itu terkait langkah cerdas dan taktis Komandan Rayon Militer (KORAMIL) 1624-02 Adonara pimpinan Mayor Inf. Ignasius Sogen,SE bersama Komunitas Pemuda Peduli Adonara Sejati (KOMPPARASI) besutan Polseno Niron, Chris Hayon dan Roberto BB serta kawan-kawan yang berhasil memainkan perannya menghelat Malam Panggung Hiburan dan Festival Seni Budaya Lokal Khas Adonara sejak 5 Oktober hingga 16 November 2019, dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke 74 mendapat apresiasi positip banyak pihak.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Flotim, Apolonia Corebima,SE sedang mengunjungi Stand Tenun Ikat di arena Festival Seni Budaya Lokal Khas Adonara, Rabu, 13/11/2019, Malam. (Delegasi.Com/BBO)

 

Apresiasi itu nampak jelas ketika Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur, Apolonia Corebima,SE saat menghadiri lomba para peserta festival pada Rabu, 13 November 2019.

Apolonia Corebima dalam sambutannya dihadapan panitia, peserta lomba hingga Dewan Juri menyatakan, Event ini layak dijadikan event tahunan.

Pasalnya, sebut Apolonia, event ini merupakan satu-satunya event yang baru pertama kali dihelat secara mandiri oleh masyarakat, pasca Festival Lamaholot yang baru saja dihelat tahun ini.

“Dan, ini sebagai pemerintah, Kami sangat mendukungnya untuk bisa dikembangkan selanjutnya, termasuk menjadi event tetap tahunan. Apalagi, memiliki kalender dengan jadwal tetap yakni pada tanggal 5 Oktober setiap tahun bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI),”ujarnya memberi motivasi.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Flotim, Apolonia Corebima,SE sedang menyaksikan perlombaan pada event Panggung Hiburan dan Festival Seni Budaya Lokal Khas Adonara, Rabu, 13/11/2019, Malam. (Delegasi.Com/BBO)

 

Apolonia Corebima bahkan meminta agar pasca event ini bisa beraudiensi dengan Panitia untuk menyiapkan segala hal agar event ini masuk dalam kalender tetap tahunan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Flores Timur.

Pada bagian lainnya, Apolonia juga menyampaikan rasa bangganya atas semangat juang panitia yang sudah luar biasa menyukseskan event ini.

Baginya, apa yang dilakukan ini bagian dari upaya sadar melestarikan warisan budaya Lamaholot agar tidak pudar dari ancaman budaya luar.

Sekaligus untuk menggali minat dan bakat generasi muda dan anak-anak agar bisa bertumbuh serta berkembang melalui event ini,”sambungnya lagi.

Apolonia Corebima berharap, event ini terus berlanjut. Tidak semata-mata agar bisa diketahui orang luar, namun yang paling penting adalah supaya generasi saat ini bisa mengenal budayanya secara baik.

Apresiasi ini pun mendapat respons positif dari Danramil 1624-02 Adonara, Mayor Inf. Ignasius Sogen,SE.

Pihaknya, sebut Ignasius Sogen, siap melanjutkan berbagai kegiatan panggung hiburan dan festival seni budaya lokal khas Adonara pada tahun-tahun mendatang secara lebih baik lagi.

Termasuk menjadikan festival ini menjadi event tetap tahunan.

Ignasius Sogen bahkan menyampaikan terima kasihnya atas dukungan Pemerintah Kabupaten Flotim dan DPRD Flotim, serta Pemerintah Kecamatan maupun Desa/Kelurahan yang mendukung festival ini jadi event tetap tahunan.

//Delegasi.Com (BBO)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Kota Kupang Terima Penghargaan API 2020 Kategori Destinasi Belanja Terpopuler

KUPANG,DELEGASI.COM–  Wali kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH menerima penghargaan kategori Sentral ...