Home / Daerah / Peringati HBR 2021, BBKSDA NTT Lakukan Aksi Sosial Di Pantai Lasiana TWAL Teluk Kupang

Peringati HBR 2021, BBKSDA NTT Lakukan Aksi Sosial Di Pantai Lasiana TWAL Teluk Kupang

Kupang, Delegasi.Com– Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan (HBR) yang merupakan hari jadi Kehutanan, yang diperingati setiap tanggal 16 Maret, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) melakukan Aksi bersih sampah, Penanaman Pohon Mangrove, Aksi sosial bagi sembako dan masker serta mengikuti acara upacara HBR secara virtual yang dilakasanakan di Pantai Lasiana TWAL Teluk Kupang dengan mengusung tema “Terus Berbhakti di Tengah Pandemi Untuk Lingkungan dan Hutan Lestari”.

Peringatan HBR Tahun 2021 di Provinsi Nusa Tenggara Timur bertepatan dengan Road to HKAN 2021 yang puncak acaranya akan diselenggarakan pada tanggal 8-10 Agustus 2021 di Pantai Lasiana TWAL Teluk Kupang Kota  Kupang .  Oleh sebab itu, Balai Besar KSDA NTT selaku Koordinator UPT LHK Provinsi NTT mengintegrasikan  acara  HBR 2021  dengan kegiatan Road to HKAN 2021.

Demikian disampaikan Kepala BBKSDA NTT, Ir. Timbul Batu Bara, M.S melalui siaran pers tertulis No.S. 394/K.5/TU/HMS/03/2021 yang diterima Redaksi Delegasi.com pada Rabu (16/3/2021).

Meskipun dirundung  duka akibat  Covid19 yang hingga saat ini masih belum juga mereda namun tak menghalangi semangat Rimbawan untuk memeriahkan Hari Bhakti Rimbawan (HBR 2021) di Provinsi NTT.  Para Kepala UPT KLHK  Provinsi NTT khususnya yang berada di Kota Kupang masing masning menghadirkan  Jajaran Struktural dan Staffnya untuk memeriahkan acara  dengan Protokol Kesehatan  ketat.

Ir. Timbul Batubara, MSi, selaku Koordinator UPT LHK Lingkup Provinsi NTT menyampaikan bahwa Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2021 dilaksanakan secara nasional. Kegiatan yang kami laksanakan Bersama Ibu Ketua Dekranasda dan Dharma Wanita Provinsi NTT,  UPT LHK Kota Kupang, Yayasan Indonesia Maju Berkarya, Duta LHK Provinsi NTT, Pramuka dan masyarakat,  ini merupakan manifestasi dari semangat Rimbawan Nusa Tenggara Timur dalam upaya memberikan bhakti nya kepada lingkungan dan pelestarian hutan meskipun dalam situasi  pandemi Covid19 yang masih melanda Negeri ini.

Pada aksi para Rimbawan Nusa Tenggara Timur hari ini bersama masyarakat  200 orang dan berhasil dikumpulkan sampah sebanyak 32 karung ( 875 kg), penanaman pohon Mangrove  dan pembagian sembako serta  masker kesehatan kepada masyarakat  sekitar  Pantai Lasiana TWAL Teluk Kupang.

Pada kesempatan yang sama Ir. Timbul Batubara MSi , selaku Kepala Balai Besar BKSDA NTT dan juga Ketua Pelaksana HKAN 2021, menghimbau kepada seluruh Kepala UPT LHK Lingkup Provinsi NTT untuk turut berpartisipasi memeriahkan acara HKAN 2021 dan dapat bertindak sebagai tuan rumah yang baik, karena sejatinya Hari Konservasi Alam Nasional bukan milik UPT tertentu tetapi milik kita Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ditetapkannya Provinsi NTT sebagai tuan rumah Hari Konservasi Alam Nasional Tahun 2021 (HKAN2021)merupakan momentum untuk kampanye pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat yang menjadikan konservasi alam sebagai bagian dari sikap hidup dan budaya bangsa. Setiap UPT dapat berperan aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian Road to HKAN 2021  sampai puncak acara  nanti pada bulan Agustus 2021.

“Dengan aksi  kita bersama pada  HBR 2021 hari ini kiranya sebagai bentuk kekompakkan Rimbawan NTT dalam berbagai kegiatan Bersama untuk “NTT Bangkit, NTT Maju dan NTT Sejahtera“, semangat ini kiranya bukan hanya slogan tetapi kita buktikan hari ini bahwa Rimbawan NTT sebagai ujung Tombak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang selalu dapat berperan aktif bersinergi dengan pembangunan di Daerah.  Aksi Rimbawan pada HBR 16 Maret 2021 ini juga sekaligus menjadi agenda Road to HKAN 2021 yang ber tema  “ Bhavana Satya Alam Budaya Nusantara; Memupuk Kecintaan Alam dan Budaya Nusantara”, Imbuhnya

lebih lanjut, disela  kegiatan HBR 2021 secara  Virtual Ir. Timbul Batubara,MSi, Tak lupa mengutip  amanat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya Bakar,  inilah saatnya Konsolidasi Rimbawan Indonesia, kita bangkitkan lagi jiwa korsa Rimbawan Indonesia, Bersama sama kita berjuang untuk alam Indonesia untuk Negara dan Bangsa Indonesia.

Diakhir sambutanya, Kepala BKSDA mengucapkan terimakasih kepada Ibu Ketua Dhama Wanita dan Dekranasda Provinsi NTT, Para Kepala UPT KLHK Kota Kupang, Kepala Dinas LHK  Provinsi NTT, Pariwisata Provinsi NTT  Walikota Kupang, Camat Oesapa, Lurah Oesapa, Pramuka Sakawana Bhaktidan seluruh masyarakat yang hadir  pada acara HBR ke 38 tahun 2021 ini, meski  dengan situasi Covid 19.

Semoga kita semua dapat diberi kemenangan dalam menghadapi situasi pandemi Covid19 ini. Tetap menjaga jarak, memakai masker, mengukur tangan, menghindari kerumunan, dan menghindari kontak.

// delegasi (*)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Dandim Imanda Bagikan Alkitab, Bantuan Pangdam IX/Udayana

LARANTUKA-DELEGASI.COM– Sebagai bentuk nyata memperkuat dan mempererat tali silahturahmi serta hubungan komunikasi sosial dengan umat ...