Home / Nasional / Presiden Jokowi : Tahun 2025 Seluruh Bidang Tanah di Indonesia Sudah Harus Bersertifikat

Presiden Jokowi : Tahun 2025 Seluruh Bidang Tanah di Indonesia Sudah Harus Bersertifikat

KUPANG, DELEGASI.COM-Presiden RI Joko Widodo menargetkan, tahun 2025 nanti seluruh bidang tanah di Indonesia harus bersertifikat sebagai bukti legalitas hukum bagi para pemiliknya.

Hal tersebut diungkapkannya dalam acara Penyerahan Sertifikat Tanah Kepada Rakyat Secara virtual. Senin (9/10/2020).

“Dalam rangka bulan bakti agraria dan tata ruang hari ini saya bagikan 1 juta sertifikat tanah bagi masyarakat di 31 Provinsi dengan 201 kota/kabupaten. Saya sampaikan pada Bapak Menteri harus ada target. Kementerian Agraria Tata Ruang bersama BPN kabupaten/kota dan setiap Provinsi harus kerja keras. Kita mau targetkan pada tahun 2025 penyelesaian seluruh bidang tanah di Indonesia sudah harus bersertifikat,” kata Presiden Jokowi.

“Tahun 2017, kita  sudah keluarkan 5,4 juta sertifikat, tahun 2018 sejumlah 9,3 juta sertifikat tanah, tahun 2019 sejumlah 11,2 juta sertifikat. Di tahun 2020 denga 10 juta sertifikat. Seharusnya tahun 2020 ini lebih banyak dari tahun 2019 namun dengan adanya kendala pandemi Covid 19 maka tentunya menghambat juga pengurusan di kantor dan dilapangan,” katanya.

Baca Juga :

  1. Diduga Ada ‘Hubungan Cinta Terlarang’ Dua Oknum ASN Dibalik Kasus Pemalsuan Sertifikat Tanah
  2. Diduga Ada ‘Hubungan Cinta Terlarang’ Dua Oknum ASN Dibalik Kasus Pemalsuan Sertifikat Tanah

Ia mengungkapkan, pengurusan sertifikat tanah hendaknya dilakukan dengan segera dan cepat, tidak berbelit-belit. Harus diselesaikan segera mengingat kebutuhan masyarakat akan bukti kepemilikan tanah.

“Sertifikat itu bukti jaminan kepemilkian yang juga berguna untuk mencegah sengketa soal tanah, hendaknya dilakukan pengurusan sertifikat sebagai bukti kepemilikan bagi pihak yang sah secara hukum,” tambah Presiden Jokowi.

Presiden juga mengingatkan pada masyarakat yang sudah mendapatkan sertifikat untuk gunakan sebaik-baiknya.

“Sertifikat tersebut digunakan untuk membantu kebutuhan seperti investasi ataupun jaminan di Bank untuk mendapatkan modal guna membangun usaha untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan limpah terima kasih Kementerian Agraria dan Tata Ruang bersama Badan Pertanahan Nasional yang sudah bekerja keras untuk mengurus semua sertifikat bagi masyarakat ini.

Gubernur VBL saat diwawancarai, mengatakan apresiasi kepada bapak Presiden, momentum hari ini sungguh spektakuler. Hal ini juga  jadi perhatian bagi level pemerintah Provinsi dan Kabupaten agar tetap mengacu pada target kinerja untuk optimalisasi pelayanan kemasyarakatan.

“Berkaitan dengan Momentum kegiatan hari ini, sungguh spektakuler dan kegiatan hanya salah satu dari sekian banyak hal yang dibuat oleh bapak presiden RI. Atas nama rakyat NTT saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada bapak Presiden RI, Joko Widodo. Ini  menjadi perhatian juga bagi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten diseluruh Indonesia yakni  dalam bekerja harus memiliki target dan mampu menjawab keinginan rakyat dalam bentuk pelayanan yang baik dari pemerintah sehingga dengan kepemilikan lahan yang sah dapat menjadi kekuatan ekonomi di Indonesia pada umumnya dan NTT pada khususnya, ” ujar Gubernur Viktor.

//delegasi(*/Humas NTT)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Demokrat: Waspadai ‘Putar Balik’ Fakta Hukum oleh Moeldoko Cs di Pengadilan TUN

JAKARTA, DELEGASI,COM— Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhyono (AHY) dalam sambutannya saat Puncak Acara ...