Rusak Parah Dihantam Badai, RSUD Larantuka Butuh Fasilitas Baru

Kondisi Rusak Parah RSUD Larantuka saat ini pasca dihantam Badai, Minggu, 1 Januari 2023, Pagi. //Foto: (Delegasi.Com(WAR)

DELEGASI.COM, LARANTUKA – Kondisi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr.Hendrikus Fernandez-Larantuka yang rusak parah pada beberapa bagian seperti Salasar, Atap Ruang Anggrek, dan Atap Ruang Tunggu, akibat dihantam angin kencang dan ditimpah pohon. Butuh perhatian serius Pemda Flotim.

BACA JUGA :

Jembatan Waiburak Masuki Tahap Final, Warga Beri Apresiasi

Pemda Flotim Diminta Segera Bayar Tanah Eks Kantor Kimpraswil Ke Keluarga Labina

Pasalnya, sarana vital kesehatan satu-satunya di Flores Timur ini, perlu dibenahi segera fasilitasnya agar bisa memberikan pelayanan yang baik bagi pasien, petugas kesehatan saat bekerja dan juga Keluarga pasien yang menunggu.

Demikian disampaikan beberapa warga dan keluarga pasien, yang ditemui di Kompleks RSUD Larantuka, Senin,09/01/2023, Siang.

“Iyah, kondisinya rusak parah dan memprihatinkan RSUD dr.Hendrikus Fernandez-Larantuka, saat ini.

Olehnya, butuh perbaikan segera agar tetap bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pasien, juga Tenaga Kesehatan yang bekerja, Karyawan dan Keluarga Pasien yang datang menunggu.

Olehnya, Pemda Flotim diminta segera membangun fasilitas RSUD Larantuka yang baru, dan lebih baik lagi”ujar Kanisius Kelen dan Laurensius, warga Kota Larantuka, saat ditemui Delegasi.Com, Senin,09/01/2023, Sore, di RSUD Larantuka.

Tumpukan Kayu, Daun pohon Mangga yang masih ada di belakang RSUD Larantuka, hingga saat ini,Senin,09/01/2023, Siang. //Foto: Delegasi.com (WAR)

Informasi yang diperoleh dari berbagai sumber di RSUD Larantuka, kondisi sebagian bangunan RSUD Larantuka yang rusak parah itu dihantam Badai saat Minggu, 01 Januari 2023, Pagi.

“Benar, ini kejadian yang membikin RSUD Larantuka rusak parah, hingga Pohon Beringin tumbang tindis Selasar dan Atap Ruang Anggrek, sungguh mengerikan.

Minggu, 1 Januari 2023 Pagi itu kejadiannya sangat cepat. Saat angin kencang hantam Atap Ruang Tunggu terbongkar, lalu menumbangkan Pohon Beringin itu kejadiannya sangat cepat.

Saat Saya teriakin Keluarga Pasien yang lagi tidur di Selasar agar lekas bangkit dan lari, karena Akar Pohon Beringin sudah tercabut, dan sedikit lagi tumbang, selang satu menit begtiu, Pohon Beringin berukuran besar itu langsung tumbang menindis Selasar dan Atap Kamar Anggrek,”

BACA JUGA: 

Mantan Dirut Bank NTT Izack Rihi Serahkan Dokumen ke Ombudsman

Dubes Vatikan MSGR.Piero Pioppo: Indonesia Dianugerahi Tiga Kekayaan

“Untungnya orang-orang yang tidur baring di Selasar langsung bangun dan lari, sehingga tak ada korban jiwa,”beber Laurensius da Silva, Petugas Clearning Servis RSUD Larantuka.

Sebagaimana disaksikan oleh Media, fasilitas bagian belakang RSUD Larantuka saat ini keadaannya rusak parah.

Sementara sisa batang pohon Beringin, Mangga, Daun Mangga, Atap Kamar Anggrek yang rusak, dan Selasar, serta kondisi Ruang Tunggu Pasien cukup memprihatinkan. Serta masih berserakan sana sini.

Meskipun, petugas Clearning Servis dan Tenaga Senshor terus lakukan pembersihan.

Dibagian lain, beberapa pihak terlihat mulai lakukan penanganan darurat fisik gedung RSUD Larantuka yang rusak itu.

“Iyah, ini mesti dibangun baru fasilitas yang telah rusak itu.Dan, Pemda Flotim diharapkan segera tanggap,”ujar Kanisius Kelen, lagi.

Pasalnya, sangat mengganggu kenyamanan pelayanan Pasien oleh Tenaga Kesehatan.

“Kita berharap Pemda Flotim harus berani dan segera ambil keputusan untuk bangun baru fasilitas yang rusak,”pinta Laurensius, lagi.

Ia juga meminta DPRD Flotim segera turun cek lapangan, agar tahu persis kondisi RSUD Larantuka saat ini, pasca dihantam Badai awal tahun 2023.

//delegasi(WAR)

Komentar ANDA?