Home / OPINI / Seekor Paus Terdampar di Pulau Rote
Paus terdampar
Warga menyirami paus yang terdampar di desa Nggodimeda, Kabupaten Rote. (Foto BKKPN)

Seekor Paus Terdampar di Pulau Rote

Kupang,delegasi.com – Seekor Paus dilaporkan terdampar di Desa Nggodimeda, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) milik desa tersebut.”Paus itu sudah terdampar sejak Rabu (20/9) pukul 16.00 Wita di Pantai Oka Kea,” kata Kepala Balai Konservasi Kawasan Perairan Nasional (BKKPN) Kupang Ikram Sangadji saat dikonfirmasi di Kupang, Kamis.

Dirilis antaranews ntt.com,Ikram mengatakan saat ini tim dari BKKPN sudah berangkat ke Rote untuk melihat secara pasti jenis paus apa yang terdampar di kabupaten terselatan Indonesia itu.

Ikram mangatakan saat ditemukan warga terdampar di Pantai Oka Kea, Paus tersebut masih dalam kondisi hidup walaupun terlihat sangat lemas dan tidak bergerak. “Ada sekitar delapan luka sayatan di tubuh Paus yang naas itu,” ujarnya.

“Namun dari ciri morfologi Paus yang terdampar tersebut diduga jenis `finned pilot whale` dengan panjang 4,4 meter dan lebar 1,5 meter,” tuturnya.

Sejak Rabu (20/9) sampai dengan saat ini, Kelompok Konservasi Penyu Camar Nggodimeda dan Manoholok Rote Tengah serta anggota Polair, dan Babinsa terus melakukan upaya penyelamatan dengan terus membasahi tubuh Paus dengan air laut.

Ikram mengatakan pada Rabu (20/9) pukul 22.40 Wita, Paus yang terdampar di atas karang Pantai Oka Kea itu berhasil dievakuasi ke laut saat air pasang. Namun, tidak ada tanda-tanda kehidupan, karena Paus tersebut tetap berada di tepian pantai..Sementara itu Kepala Desa Nggodimeda Yefta saat dihubungi Antara dari Kupang, Kamis, mengatakan masyarakat desa masih terus memantau perkembangan Paus yang dilindungi itu, karena tidak mau bergerak dan berenang ke tengah laut.//delegasi(antara/ger)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Bupati Flotim ke 5 Bapak Simon Petrus Soliwoa Tutup Usia

LARANTUKA-DELEGASI.COM– Baru saja dikabarkan, Bupati Flores Timur ke 5 periode 1984-1989, Bapak Simon Petrus Soliwoa ...