Home / Pendidikan / SMK dan SMU/MA di NTT Siap Hadapi UNBK 2017
ujian
Sekretaris Dinas Pendidikan NTT, Alo Min.

SMK dan SMU/MA di NTT Siap Hadapi UNBK 2017

Sebanyak 55 Sekolah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  se-Nusa Tenggara Timur siap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang jadwal berlangsung tanggal  3 sampai tanggal 6 April mendatang. Kesiapan yang sama juga untuk tingkat SMA/MA yang dilaksanakan dari tanggal 10 sampai 13 April 2017.

Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Pendidikan NTT, Alo Min kepada delegasi.com, di ruang kerjanya, beberapa hari  lalu.

Selain siap menghadapi UNBK, pihaknya juga  menyatakan siap menghadapi Ujian Nasional (UN) untuk semua tingkatan, mulai dari SD, SMP hingga SMU atau SMK.

Dari data sementara yang ada di Dinas Pendidikan NTT , peserta UNBK untuk tingkat SMK saat ini berjumlah 8.171 siswa. Sedangkan tingkat SMA/MA sebanyak 10714 siswa.

Sementara total siswa peserta UN untuk tingkat SMA/Ma sebanyak 56.519 siswa dan pserta UN tingkat SMK berjumlah 17.853 siswa. Sementara peserta UN untuk tingkat SMP berjumlah 87.584 dan tingkat SD berjumlah 108.904 siswa.

“Ini data sementara. Kemungkinan bertambah, karena hingga saat ini masih ada sekolah yang belum ada data dari Dapodik,” kata Alo Min.

Alo Min meyakini bahwa penyelenggaraan UNBK maupun UN kali ini tidak mengalami hambatan berarti. Sebab dari total soal UN, sesuai  ketentuan nasional, 25 persen jumlah soal disusun di pusat dan 75 persen soal disusun di provinsi.  Saat ini pihaknya sedang menyusun soal UN oleh Musyawarah Kerja Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat provinsi NTT.

“Awal Maret ini kami sudah berkoordinasi dengan pihak MGMP. Hasilnya telah disepakati memulainya penyusunan soal dimaksud. Jadi sementara MGMP sedang menyusun solal ujian,” tandas Alo Min.

Selain kesiapan secara adminstrasi, pihaknya juga jauh jauh hari mendorong pihak sekolah dari semua tingkatan untuk menyelenggrakan latyihan soal soal seperti penyelenggaraan try out. Kegiatan ini untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta mengikuti ujian  nasional yang sesungguhnya.//delegasi(germanus)

 

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Kadis PK NTT Linus Lusi Making Motivasi PGRI Flotim Segera Bangun Rumah Besar Guru

LARANTUKA-DELEGASI.COM–Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan NTT, Linus Lusi Making,S.Pd.M.Pd meminta Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Flores ...