Categories: BeritaDaerahSosbud

Wabup Manggarai Resmikan Program Hibah Air Minum di Desa Golo Watu

DELEGASI.COM, RUTENG – Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, SH Jumat (23/12-2022) meresmikan Program Hibah Air Minum khusus bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Desa Golo Watu, Kecamatan Wae Ri’i Kabupaten Manggarai.

BACA JUGA : Catatan Kecil Tentang Program Hibah Air Minun Perkotaan di Manggarai

Peresmian yang ditandai dengan buka kran tersebut disaksikan oleh warga penerima manfaat dan semua tamu undangan yang menghadiri acara peresmian program hibah air minum tersebut.

Pada acara peresmian tersebut Wakil Bupati Manggarai didampingi oleh Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, Marselus Sudirman, Kasdim 1612 Manggarai, Mayor Inf. Topan Apriyanto, Camat Wae Ri’i dan sejumlah pejabat eselon dua Kabupaten Manggarai.

Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut didampingi Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, Marselus Sudirman saat membuka kran pada peresmian program hibah air minum khusu MBR di rumah salah seorang warga penerima manfaat di Desa Golo Watu Kecamatan Wae Ri’i Kabupaten Manggarai.//Foto: Delegasi Com(Pieter Lisong)

Wakil Bupati Heri saat acara buka kran di pekarangan rumah milik Veronika berpesan agar para penerima manfaat dari program ini hendaknya menjaga fasilitas yang sudah terpasang dengan sebaik-baiknya.

“Jaga fasiltas ini dengan baik. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah jangan lalaikan kewajiban untuk membayar. Jadilah pelanggan yang bertanggungjawab,” kata Wabup Heri.

Sementara Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, Marselus Sudirman pada sambutan pembukaan mengatakan, Bupati dan Wakil Bupati Manggarai beberapa waktu lalu memerintah dirinya untuk melakukan terobosan agar air minum bersih bisa masuk di Desa Golo Watu, Golo Wua dan Desa Ranggi.

“Soal hitungan ekonomi atau biaya dari belakang. Tetapi memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat itu nomor satu. Dan soal biaya bisa disuplai dari tempat lain. Yang penting air masuk dulu di tiga desa di Wae Ri’i. Makanya kami terobos di tahun 2022.

Menurut Marselus hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat penerima manfaat adalah pengaturan jadwal pendistribusian air minum yang dilakukan oleh pihak PDAM. Pengaturan itu pun tidak akan berlangsung lama karena saat ini pihak PDAM sedang membenahi sumber utama yang ada di kota Ruteng.

“Karena di sumber utama masih ada pipa swadaya yang masih digunakan oleh masyarakat untuk mereka aliri air sehingga mengurangi sedikit air. Kita juga sedang bernegosiasi dan berkomunikasi dengan mereka,” katanya.

Dia meminta masyarakat tiga desa di Wae Ri’i untuk terus berdoa agar negosiasi dan komunikasi dengan warga yang ada di sumber utama air PDAM dapat berjalan mulus sehingga pendistribusian air ke tiga desa lancar dan mungkin akan berlangsung 24 jam.

Sambungan Rumah Terbanyak

Dijelaskan oleh Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo, Marselus Sudirman, jumlah sambungan rumah (SR) tahun 2022 sebanyak 3.099.

Untuk Kecamatan Wae Ri’i katanya sebanyak 1.419 SR.

Sambungan rumah terbanyak tahun 2022 menurutnya, terdapat di tiga desa, yakni Desa Golo Watu, Golo Wua dan Desa Ranggi dengan jumlah 934 SR.

Marselus pun meminta warga tiga desa untuk tidak melupakan kewajiban membayar setiap bulannya. Biaya itu akan digunakan untuk pemeliharaan jaringan atau biaya perbaikan jaringan yang rusak.

//delegasi(Pieter Lisong)

Komentar ANDA?

Penulis Delegasi

Recent Posts

KemenPANRB Buka 60.000 Formasi Cakim dan Jaksa Dalam Rekrutmen CASN 2024

Delegasi.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) membuka lowongan kerja bagi calon…

1 minggu ago

Serena Francis Siap Bertarung Dalam Pemilihan Walikota Kupang, Kalangan Milenial Siap Dukung

Delegasi.com - Serena Cosgrova Francis, seorang kader Partai Gerindra yang kini melanjutkan pendidikan masternya di…

2 minggu ago

Kabar Gembira, Pemprov NTT Siapkan 12.489 Lowongan untuk CPNS dan PPPK Tahun 2024

Delegasi.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) bersiap membuka 12.489 lowongan untuk calon…

2 minggu ago

Uni Eropa Akan Terapkan UU Anti-Pencucian Uang, Aset Kripto Menjadi Sasaran

Delegasi.com - Uni Eropa (UE) berencana untuk memperketat regulasi terkait aset kripto dengan menerapkan aturan…

2 minggu ago

Susu Oat vs Susu Almond: Duel Alternatif Sehat Susu Sapi

delegasi.com - Susu oat dan susu almond kini populer sebagai alternatif susu sapi yang lebih…

2 minggu ago

Kisah Zhang, Lulus S3 di Usia 16 Tahun, Kini Tak Punya Pekerjaan dan Menggelandang

Delegasi - Zhang Zhiqiang adalah seorang pemuda asal China yang menjadi sorotan publik pada tahun…

7 bulan ago