Walakiri, Pantai dengan Sejuta Pesona di Sumba Timur

  • Bagikan
Sunset-di-Pantai-Walakiri-Image-From-@agoes_hm

DELEGASI.COM, WAINGAPU – Pantai Walakiri yang terletak di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Timur, memamerkan sejuta pesona bagi pengunjung.

Beningnya-Air-di-Pantai-Walakiri-Image-From-@thisidmen.webp

Jarak tempuh ke Pantai Walakiri, kurang lebih 25 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit dari kota Waingapu, Jalan menuju arah kecamatan Umalulu, Rindi, Pahunga Lodu dan Wula Waijelu paling Timur dari Pulau  Sumba.

BACA JUGA :

Cantiknya Pantai Puru Kambera di Sumba Timur

Gubernur Laiskodat : Dunia Kehilangan Salah Satu Tokoh Besar Abad ke-21

Sepanjang perjalanan menuju Walakiri, kita disuguhkan dengan hamparan padang savana yang  didiami kawanan domba, kambing, sapi dan kerbau dengan deretan bukit -bukit kecil yang indah seakan kita lagi berada di paradise yang nyata.

Menawarkan eksotika pantai yang indah untuk dipandang mata. Para wisatawan dimanjakan dengan tanaman magrove dan hamparan pohon Kelapa, di pinggir pantai yang memberikan keteduhan hati yang risau dan menghilangkan rasa penat oleh kesibukan aktifitas.

Setibanya di Walakiri kita disuguhkan dengan pohon mangrove yang unik dengan hamparan pasir putih dihiasi jajaran pohon kelapa yang memberi keteduhan dan suasana nyaman saat pengunjung berjalan menyusuri pantai.

Uniknya Pantai Walakiri memiliki hamparan pasir dengan tekstur yang berbeda antara di tepi pantai dan pasir bekas surutnya air laut. Butiran pasir bertekstur putih gading yang ada di bibir pantai sedangkan pasir bekas surutan air laut, bertekstur selayaknya semen basah yang ketika kering akan mengeras dan padat.

Pengunjung Pantai Walakiri, Dorothia I Gusti Kalumata, ketika ditemui pada Sabtu, 14 Januari 2023, mengatakan bahwa Keunikan yang dimiliki Pantai Walakiri, ketika sang matahari kembali ke peraduan di ufuk barat, sebab pohon-pohon mangrove kerdil yang terdapat di ujung bibir pantai menjadi jawaban bagi pengunjung yang lagi penasaran seiring dengan surutnya air laut.

Pantai Walakiri

Ditambahkannya bahwa Siluet dari deretan mangrove atau bakau mini yang meliuk-liuk layaknya penari menjadikan pantai Walakiri berbeda, menampikkan fenomena unik dan memanjakan mata. Warna langit senja dan siluet pohon mangrove, terlihat sungguh artistik dan fotogenik untuk di foto dari segala arah, dijadikan fotogenik yang dapat dipakai dan dikabarkan kepada dunia bahwa “Pantai Walakiri Sumba Timur itu indah”

Sementara Okto Mare dan dan Rama Dony yang juga pengunjung Pantai Walakiri mengungkapkan bahwa Walakiri bagaikan sang bidadari yang tengah menanti untuk didandani lebih cantik lagi. Pantai Walakiri perlu diberdayakan semaksimal mungkin sebagai aset Sumba Timur yang dapat mendatangkan Penerimaan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata dan juga pemberdayaan ekonomi masyarakat.

 

//delegasi(OMAR)

Komentar ANDA?

  • Bagikan