Wali Kota Kupang Hadiri Launching HUT 408 Jemaat GMIT Kota Kupang

TEKAN SIRINE - Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore bersama Ketua Majelis Klasis Kota Kupang, Ketua Panitia, beserta beberapa Pendeta dan jemaat saat menekan tombol sirine sebagai tanda di launching nya perayaan 408 tahun GMIT Jemaat Kota Kupang, Sabtu 11 Juni 2022 malam //Pos Kupang

DELEGASI.COM, KUPANG – Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore menghadiri launching dan mendukung penuh  seluruh rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT  408 GMIT Gereja Kota Kupang.

“Ini sebagai langkah awal untuk tahun-tahun kedepan kita buat yang lebih bagus lagi karena ini adalah tahun pertama yang Gereja laksanakan untuk mengingatkan kita pada 408 tahun yang lalu, ” kata Jefri dalam acara launching perayaan 408 tahun GMIT Jemaat Kota Kupang (JKK) yang berlangsung di halaman depan gedung JKK, Sabtu 11 Juni 2022 malam, dilansir Pos Kupang.

Jefri menuturkan, perayaan ini terwujud karena ada panitia yang mencatat dan menulis sejarah Gereja sehingga dapat diputuskan bahwa tanggal 3 Agustus sebagai HUT Gereja Kota Kupang.

“Ini langkah yang sangat baik untuk mengingatkan kita semua bahwa Gereja 408 tahun yang lalu ada di tengah kita yang ditandai dengan adanya babtisan terhadap salah satu Raja Timor, ” sebut pria yang akrab disapa Jeriko itu.

Sementara itu Ketua Panitia perayaan HUT Gereja, Penatua Wehelmina Benu Ndoen dalam acara launching perayaan 408 tahun GMIT Jemaat Kota Kupang (JKK) mengatakan penuh rasa syukur dan sukacita terpancar pada seluruh Jemaat, sebab untuk pertama kalinya Jemaat Gereja Masehi Injili Timor (GMIT) Kota Kupang akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Gereja Kota Kupang yang ke-408.

Dikatakan, ditahun 2022 menjadi momentum yang sangat membahagiakan bagi seluruh Jemaat Kota Kupang, lewat majelis harian dibentuk tim penulis sejarah jemaat GMIT Kota Kupang, dan dengan dukungan penuh dari seluruh jemaat tim ini berhasil melakukan penelusuran dan penulisan buku sejarah Jemaat Kota Kupang.

“Ditemukan bahwa pada 3 Agustus menjadi momentum pertama adanya Sakramen Pembaptisan bagi Raja Timor di Jemaat Kota Kupang, dengan dasar tersebut maka dipakailah sebagai tanggal lahir Gereja Kota Kupang yang telah ditetapkan dalam persidangan majelis jemaat di tahun 2022,” ujar Wehelmina.

Untuk itu, lanjut dia, Majelis Jemaat harian membentuk panitia lewat surat keputusan untuk mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan perayaan 408 GMIT Kota Kupang yang jatuh pada tanggal 3 Agustus 2022.

Selama dua bulan kedepan akan diadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya sejarah sehingga dapat menumbuhkan semangat dan menyatakan kabar baik kepada sesama.

Selain itu untuk mengenang kembali kisah perjalanan pelayanan Jemaat Kota Kupang sejak tahun 1614 hingga saat ini dan dapat menjadi sarana belajar bagi generasi penerus tentang sejarah Gereja Kota Kupang.

“Dan yang paling penting adalah meningkatkan persekutuan dan meningkatkan minat para Jemaat dalam berbagai kegiatan edukasi, meningkatkan talenta dan semangat dan pemberdayaan yang harus dilakukan secara bersama, ” ungkapnya.

“Pada puncak acara nanti akan diadakan peluncuran buku sejarah GMIT Kota Kupang, ” lanjut dia.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya, seni dan budaya yang akan disisi dengan berbagai perlombaan, pameran kreasi anak, aneka kuliner, kegiatan lintas alam bagi anak sekolah minggu dan pemuda, dan masih banyak lagi.

Turut hadir dalam acara tersebut Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, Ketua Majelis Klasis Kota Kupang, Pdt. Jeheskial Adam, Camat Kota Lama, Lurah LLBK, para Pendeta, serta jemaat GMIT Kota Kupang.

//delegasi(*)

Komentar ANDA?