Categories: Olahraga

Wasit Piala AFF Indonesia vs Singapura Disorot Media Asing, Kartu Merahnya Dipertanyakan

JAKARTA, DELEGASI.COM – Kepemimpinan wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi yang memimpin pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 Indonesia vs Singapura disorot media asing. Dalam laga tersebut, wasit asal Oman itu memberi kartu merah yang kontroversial kepada bek Singapura Safuwan Baharudin di pengujung babak pertama, dan sejumlah keputusan lain yang mengundang tanda tanya.

Dihimpun Kompas.com hingga Minggu siang (26/12/2021), ada tiga media asing yang menyoroti kontroversi wasit Piala AFF tersebut, yakni Channel News Asia (Singapura), AFP (Perancis), dan Yahoo! News Singapore.

“Situasi memanas di waktu tambahan babak pertama. Wasit asal Oman Qasim Matar Ali Al Hatmi, yang sudah membuat marah para suporter tuan rumah dengan beberapa keputusan meragukan terhadap The Lions, melihat Safuwan bersikap agresif dengan seorang bek Indonesia sebelum tendangan bebas dilakukan dari sayap kanan,” tulis Yahoo! News Singapore.

“Wasit memanggil kedua pemain untuk tetap tenang, tetapi mereka kembali berseteru. Al Hatmi meniup peluit lagi, dan kali ini mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Safuwan, yang sebelumnya sudah diperingatkan karena beradu argumen dengan wasit.”

Dalam artikel berjudul AFF Suzuki Cup: 8-man Singapore exit after valiant battle against Indonesia in 2-4 loss, disebutkan pula bahwa keputusan kontroversial itu disambut dengan amarah para pemain Singapura.

Ketegangan juga sempat terjadi antara pelatih Indonesia Shin Tae-yong dan juru taktik tuan rumah Tatsuma Yoshida jelang turun minum.

Media Perancis AFP turut menyebut kartu merah Safuwan Baharudin kontroversial, dalam artikel berjudul Indonesia score in extra time to overcome Singapore in Suzuki Cup semi-final.

 

 

“Singapura mendapat pukulan telak di waktu tambahan ketika Safuwan Baharudin secara kontroversial diusir dari lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua usai berseteru dengan bek Indonesia,” tulisnya.

Sementara itu, Channel News Asia mengutip tanggapan Tatsuma Yoshida soal kepemimpinan wasit Qasim. “Wasit tetaplah wasit. Kalau mereka bilang itu pelanggaran, ya pelanggaran. Kalau mereka bilang itu kartu merah, ya kartu merah. Kita harus menerimanya, ini sepak bola,” ujar pelatih asal Jepang itu.

Pertandingan Indonesia vs Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 dimenangi tim Garuda dengan skor 4-2 setelah perpanjangan waktu. Skor di waktu normal 1-1. Gol timnas Indonesia dicetak oleh Ezra Walian (11′), Pratama Arhan (87′), bunuh diri Shawal Anuar (91′), dan Egy Maulana Vikri (105+2′).

Adapun gol Singapura dicetak oleh Song Ui-young (45+4′) dan Shahdan Sulaiman (74′). Tim tuan rumah mengakhiri laga dengan delapan pemain setelah mendapat tiga kartu merah, masing-masing untuk Safuwan Baharudin (45+3′), Irfan Fandi (66′), dan kiper Hassan Sunny (119′).

Di final Piala AFF 2020, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand atau Vietnam, yang memainkan leg kedua semifinal pada Minggu malam (26/12/2021). Di leg pertama Thailand menang 2-0.

//delegasi(kompas)

 

Komentar ANDA?

Penulis Delegasi

Recent Posts

KemenPANRB Buka 60.000 Formasi Cakim dan Jaksa Dalam Rekrutmen CASN 2024

Delegasi.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) membuka lowongan kerja bagi calon…

1 minggu ago

Serena Francis Siap Bertarung Dalam Pemilihan Walikota Kupang, Kalangan Milenial Siap Dukung

Delegasi.com - Serena Cosgrova Francis, seorang kader Partai Gerindra yang kini melanjutkan pendidikan masternya di…

2 minggu ago

Kabar Gembira, Pemprov NTT Siapkan 12.489 Lowongan untuk CPNS dan PPPK Tahun 2024

Delegasi.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) bersiap membuka 12.489 lowongan untuk calon…

2 minggu ago

Uni Eropa Akan Terapkan UU Anti-Pencucian Uang, Aset Kripto Menjadi Sasaran

Delegasi.com - Uni Eropa (UE) berencana untuk memperketat regulasi terkait aset kripto dengan menerapkan aturan…

2 minggu ago

Susu Oat vs Susu Almond: Duel Alternatif Sehat Susu Sapi

delegasi.com - Susu oat dan susu almond kini populer sebagai alternatif susu sapi yang lebih…

2 minggu ago

Kisah Zhang, Lulus S3 di Usia 16 Tahun, Kini Tak Punya Pekerjaan dan Menggelandang

Delegasi - Zhang Zhiqiang adalah seorang pemuda asal China yang menjadi sorotan publik pada tahun…

7 bulan ago