Home / OPINI / Wings Air Buka Rute Baru Kupang – Lombok
Kembangkan Destinasi Wisata

Wings Air Buka Rute Baru Kupang – Lombok

Kupang, Delegasi.Com – Wings Air membuka rute penerbangan baru untuk menghubungkan Kupang, di Pulau Timor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Penerbangan perdana telah dilaksanakan pada Jumat (25/5/2018).

Wings Air mengoperasikan pesawat terbaru turboprop tipe ATR 72-600 yang berkapasitas 72 penumpang. Penerbangan tersebut dilayani secara regular berjadwal setiap hari.

Pada penerbangan perdana yang dilakukan sekitar pukul 17.40 Wita itu, pesawat mengangkut puluhan penumpang diantaranya pimpinan dan staf Lion Air Kupang, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Cabang Kupang, Asisten III Setda Provinsi NTT Stef Ratoe Oedjoe, dan 16 orang wartawan dari berbagai media massa.

Pesawat tersebut tiba di Bandar Udara Internasional Lombok Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (LOP) pada pukul 19.40 Wta, disambut General Manager PT Angkasa Pura 1 Bandara Praya Lombok, I Gusti Ngurah Ardita, serta staf dan pimpinan Lion Air.

“Lombok sebagai salah satu destinasi pariwisata yang posisinya hampir sama dengan Kupang. Semoga penerbangan perdana ini menjadi awal yang baik bagi pariwisata dua daerah ini, baik NTB maupun NTT,” kata I Gusti Ngurah Ardita.

Kepala Kantor Lion Air Kupang, Rinus Zebua mengatakan, untuk konektivitas Lion Air Group dari Kupang ke Lombok semakin memperkuat jaringan penerbangan yang sudah beroperasi eksis yaitu Kupang menuju Denpasar, Solo, Surabaya, Labuan Bajo, Atambura, Alor, Bejawa, Ende, Tambolaka, Larantuka, Maumere, Rote dan Waingapu.

Rute Kupang menuju Lombok telah memperluas network Lion Air Group yang kini memiliki 12 tujuan ke berbagai rute domestik antara lain Lombok Praya ke Jakarta via Soekarno-Hatta Cengkareng dan Jakarta Halim Perdanakusuma, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Denpasar, Semarang, Sumbawa, Bima serta Bandung.

Dibukanya akses transportasi udara langsung Kupang ke Lombok pergi pulang (PP) ini sejalan permintaan pasar perjalanan dari kedua destinasi tersebut yang menunjukkan pertumbuhan pergerakan penumpang cukup signifikan.

“Kami berharap dengan rute langsung ini dapat berkontribusi besar bagi kemudahan para pelanggan dalam melakukan perjalanan bersama Wings Air, seperti untuk keperluan wisata, keluarga, maupun bisnis,” kata Rinus.

Selain itu, dia menambahkan, juga berpotensi bagus dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai potensi di kedua destinasi dari sektor logistik, perdagangan, pendidikan, industri serta pariwisata.

Asisten III Setda NTT, Stef Ratoe Oedjoe yang ikut dalam penerbangan perdana pesawat Wings Air dari Kupang ke Lombok berharap, dengan dibukanya rute penerbangan ini, bisa memberi manfaat bagi para pengguna jasa transportasi udara. Juga untuk saling memberi dukungan terhadap promosi dan pengembangan destinasi wisata kedua daerah. Apalagi Pemerintah NTT dalam salah satu tekadnya menjadikan NTT sebagai provinsi pariwisata. Dengan demikian, para wisatawatan yang datang dari wilayah barat ke NTB, bisa melanjutkan perjalanan ke NTT untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di provinsi bercirikan kepulauan.//Delegasi (jean)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Wai Jara, Sumber  Mendamaikan Sekaligus Malapetaka

“Wai Jara merupakan sumber air satu-satunya di puncak Ile Boleng, berada di bagian timur Riawale, ...