Home / Daerah / Bupati Sikka Panen Jagung dan Sorgum di Desa Paubekor Koting
Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo,S.Sos, M.Si dan Wakil Bupati Sikka,Romanus Woga melakukan  panen sorgum di areal seluas 1 hektar milik Kelompok Tani Rehin Dunan yang berlokasi di Desa Paubekor, Kecamatan Koting, Selasa (9/6/2020).//Foto: delegasi.com(hms Pemkab Sikka)

Bupati Sikka Panen Jagung dan Sorgum di Desa Paubekor Koting

 

MAUMERE, DELEGASI.COM – Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo,S.Sos, M.Si dan Wakil Bupati Sikka,Romanus Woga melakukan  panen sorgum di areal seluas 1 hektar milik Kelompok Tani Rehin Dunan yang berlokasi di Desa Paubekor, Kecamatan Koting, Selasa (9/6/2020).

Panenan sorgum diperkirakan 500 kg dari areal 1 ha dengan musim tanam dalam 1 tahun 1 kali tanam dan 3 kali panen.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Pastor Paroki Roh Kudus Nelle, Anggota DPRD Kabupaten Sikka, RD Albinus Rupa, Pr. Camat Koting, Gabriel Ola, S. Sos, Pimpinan Bank NTT, Vinsen Sulu, Pimpinan OPD Kabupaten Sikka, Kapolsek Nelle dan Anggota Pos Pol Koting, Babinsa Koting, Kepala Desa dan Perangkat Desa Paubekor bersama Ketua dan Anggota BPD desa Paubekor, Pimpinan Yayasan Christo Re, Ibu Dian, Kelompok Tani dan masyarakat Desa Paubekor serta undangan lainnya.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo,S.Sos, M.Si dan Wakil Bupati Sikka,Romanus Woga melakukan  panen sorgum di areal seluas 1 hektar milik Kelompok Tani Rehin Dunan yang berlokasi di Desa Paubekor, Kecamatan Koting, Selasa (9/6/2020). //Foto: delegasi.com(hms Pemkab Sikka)

 

Sorgum cocok di tanah yang minim air. Sorgum bisa sebagai pengganti beras. Sorgukm bisa dibudidayakan.
Sorgum dan Kelor adalah sumber pangan yang bergizi tinggi.

Harapan Pemerintah Kabupaten bisa bersinergi dengan Karya Misi.
Bupati Sikka, mengatakan menghadapi resesi ekonomi ditengah pandemik Corona, pemerintah harus siapkan ketahanan pangan yang cukup untuk masyarakat Kabupaten Sikka.

“Ketersedian pangan harus cukup bahkan harus lebih saat ini. dan pemerintah sudah siapkan itum termasuk bantuan untuk dunia pendidikan,” jelas Bupati Sikka Roby Idong.

Dijelaskam penyelenggaraan pendidikan harus jalan tanpa hambatan.  Untuk tingkat SMU/SMK pemerintah Kabupaten Sikka  selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTT.

Sementara  Perguruan Tinggi pemerintah sudah siapkan beasiswa bagi mahasiswa dengan orang tua tidak mampu, beasiswa mahasiswa berprestasi.

Sementara  dibidang kesehatan pemerintah telah menyiapkan jaminan kesehatan bagi seluruh  di dirumah sakit, baik RS pemerintah maupun swasta.

Dia berharap agar Sorgum harus dikembangkan secara besar-besaran karena cocok dengan kondisi lahan di Kabupaten Sikka.

“Kita akan kembangkan di wilayah lain. Kadis ketahan pangan harus segera pikirkan untuk pengembangan di wilayah Kecamatan lain di Kabupaten Sikka,” tandasnya.

Pemerintah kata Idong  siapkan pendidikan gratis untuk semua sekolah SD dan  SMP

“Mulai tahun ajaran baru 2020 ini pendidikan SD dan SMP gratis. Pemerintah sudah kaji secara matang ada beberapa pembiayaan untuk sekolah yaitu, dana BOS, PIP, PKH dan Kabupaten siapkan dana untuk pendidikan anak SD dan SMP,” katanya.

//delegasi(*/ger wisung)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Wali Kota Siap Dukung Muspel Pemuda Sinode GMIT ke-VI

KUPANG,DELEGASI.COM–Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R Riwu Kore, MM, MH menyatakan dukungan penuh atas penyelenggaraan ...