Home / Daerah / Julie Sutrisno Anggarkan 400 juta untuk Kelompok Tani Di Sikka
Ketua DPD Partai Nasdem Kab.Sikka Romanus Woga menyerahkan Bibit/anakan kepada Ketua Kelompok Wair Bura Desa Darat Gunung Kec. Talibura, Kab Sikka, Sebedeus Makapia,(Selasa,29/12/20). Foto : (Delegasi.com/Yanilioduden)

Julie Sutrisno Anggarkan 400 juta untuk Kelompok Tani Di Sikka

MAUMERE, DELEGASI.COM- Dalam rangka mendukung upaya rehabiltasi hutan dan lahan dalam wilayah Kabupaten Sikka, Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Julie Sutrisno telah mengalokasikan anggaran dari dana aspriasi sebesar 400 juta dalam APBN TA 2020 melalui Kementrian Lingkungan Hidup yang difasilitasi langsung oleh Balai Pengelolaan DAS-HL Benain Noelmina Kupang.

Anggaran tersebut diperuntukan bagi delapan kelompok tani yang tersebar dalam Wilayah Kabupaten Sikka dimana masing-masing kompok mendapatkan anggaran sebesar 50 juta dengan melakukan kegiatan berupa Kebun Benih Rakyat (KBR) yang dilaksanakan secara swakelolah dan mandiri oleh masyarakat dengan didampingi oleh UPT KPH Kabupaten Sikka. Setiap kompok wajib melakukan pembibitan sebanyak 20 ribu anakan di tempat penangkaran masing-masing, sehingga diharapkan akan ada 160.000 anakan yang siap untuk ditanam diakhir tahun 2020 ini.

Ketua DPD NasDem Kabupaten Sikka, Romanus Woga ketika mewakili Ibu Julie Sutrisno saat melakukan serah terima bibit/anakan kepada kelpok tani Wair Bura Desa Darat Hubung Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka, (Selasa, 29/12) mengatakan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari Ibu Julie Sutrisno terhadap para petani di Sikka sehingga melalui dana aspirasinya sebagai anggota DPR RI, beliau telah memperjuangkan kepentingan para petani Sikka dengan mengalokasikan anggaran tersebut. Sehingga harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kelompok. Untuk itu kepada seluruh anggota kelompok diharapkan agar pelaksanaan kegiatan mulai dari tanam, perawatan sampai pada saat musim panen perlu dilakukan dengan kerja keras, saling bersatu dan hindari konflik diantara angota kelompok. Karena hanya dengan semangat itu kelompok dan usahanya dapat berkembang dengan baik dan memberikan hasil yang baik pula.

” Kita harus berterima kasih kepada Ibu Julie Sutrisno atas kepeduliannya terhadap petani Sikka dimana beliau telah memperjuangkan angaran untuk kita para petani. Untuk itu, kita harus menyikapinya dengan mulai menanam, merawat dan menjaganya hingga saat panen. Dan tidak berhenti disitu tetapi kita juga wajib melestarikannya secara terus menerus untuk peningkatan ekonomi keluarga dan masa depan anak cucu kita. Untuk itu dibutuhkan kerja keras, saling bersatu dan jauhi konflik. Karena hanya dengan demikian, baik kelompok dan usahanya dipastikan akan berkembang dengan baik dan memberikan hasil yang luar biasa, “Ujar Romanus yang juga Wakil Bupati Sikka.

Pada kesempatan itu juga Romanus menyampaikan pesan dari Ibu Julie Sutrisno agar bibit yang telah di semaikan ini, dapat ditanam dan dirawat dengan baik dengan terus memperhatikan tumbuh kembang tanaman tersebut sampai pada saat panen tiba. Selain itu harus terus di lestarikan untuk peningkatan pendapatan anggota kelompok dan demi keberlangsungan anak cucu.

Kegiatan yang berlangsung di lokasi penangkaran di Desa Darat Gunung tersebut dihadiri Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Sikka Herry Siswadi,  Kepala Desa Darat Gunung, Konradus Paji, Sekretaris DPD Nasdem Kabupaten Sikka, Ofridus Krispinianus, Staf ahli Ibu Julie Sutrisni, Rintho Baptista, Fungsionaris DPD Partai Nasdem serta Pengurus dan Anggota Kelompok Wair Bura Desa Darat Gunung.

Untuk diketahui, jenis bibit dan anakan yang disemaikan tersebut terdiri dari nangka, kemiri, mente, mangga, pala, cengkeh, coklat, vanili, kelor,kopi dan alpukat. Setiap kelompok menyemaikan jenis bibit dan anakan tersebut disesuaikan dengan kondisi lahan di lokasi masing-masing.

//delegasi (yanilioduden)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Dandim Imanda Bagikan Alkitab, Bantuan Pangdam IX/Udayana

LARANTUKA-DELEGASI.COM– Sebagai bentuk nyata memperkuat dan mempererat tali silahturahmi serta hubungan komunikasi sosial dengan umat ...