Categories: Berita

Ombudsman RI Audiens dengan Bupati Manggarai Timur

DELEGASI.COM, BORONG – Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas menerima kunjugan anggota Onbudsman RI, Robert Ma Endi Jaweng di Kantor Bupati di Lehong- Borong, Selasa 27 Desember 2023.

Bupati Manggarai Timur dalam Sambutanya menyampsiksn terima kasih atas kehadiran OMbudsman RI yang berkenan beraudiens jajaran Pemkab Manggarai Timur.

BACA JUGA : Kominfo Aktifkan 53 BTS di Kabupaten Manggarai Timur

Beraudiens dengan Ombudsman RI di Manggarai Timur kata Bupati Agas, merupakan kehormatan tersendiri terutama dalam melakukan penilaian terhadap pelayanan publik di Manggarai Timur.

Menurutnya, pelayanan publik merupakan salah satu agenda reformasi birokrasi dan salah satu indikator penilaian dalam mengukur keberhasilan otonomi daerah.

“Penting untuk menilai tingkat kepatuhan dan melihat sejauh mana komitmen pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan publik yang berkualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ungkap Bupati Manggarai Timur.

Hadir dalam kegiatan audiens dengan Ombudsman RI, Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, Wakil Bupati Manggarai Timur, Siprianus Habur, Asisten Bupati, Asisten Sekretaris Daerah, serta pimpinan perangkat daerah lingkup Pemkab Manggarai Timur.

Untuk diketahui, Ombudsman merupakan lembaga negara yang mempunyai kewenangan untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan, termasuk yang diselenggarakan oleh BUMN, BUMD, Badan hukum milik negara serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari APBN atau APBD.

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas menerima kunjugan anggota Onbudsman RI, Robert Ma Endi Jaweng di Kantor Bupati di Lehong- Borong, Selasa 27 Desember 2023.//Foto: Delegasi(Pieter Lisong)

Ombudsman juga merupakan lembaga yang mandiri dan tidak memiliki hubungan organik dengan lembaga negara dan instansi pemerintahan lainnya serta salam menjalankan tugasnya bebas dari campur tangan kekuasaan lainnya.

Anggota Ombudsman RI, Robert Ma Endi Jaweng, menyampaikan bahwa berdasarkan hasil penilaian ombudsman, pelaksanaan pelayanan publik di Manggarai Timur telah berjalan cukup baik dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Hasil survei tahun 2021 hasil penilaiannya yaitu 59, 79 dan tahun 2022 meski masih berada pada zona kuning hasil penilaian meningkat menjadi 76,09,” jelas Jaweng.

Selanjutnya dia mengatakan pelayanan publik adalah bentuk tanggungjawab pemerintah untuk melunasi mandat yang diberikan masyarakat, yaitu mandat ekonomi dan mandat politik.

Masyarakat menurut Jaweng, mempunyai hak untuk dilayani. Pelayanan publik juga bentuk tanggungjawab dan tanda otentik hadirnya negara ditengah masyarakat.

Pada kesempatan pertemuan Pemda Manggarai Timur dengan pihak Ombudsman RI disepakati dilaksanakannya pendampingan oleh ombudsman tahun 2023 untuk perbaikan pelayanan di Manggarai Timur.

//delegasi(Pieter Lisong)

Komentar ANDA?

Penulis Delegasi

Recent Posts

KemenPANRB Buka 60.000 Formasi Cakim dan Jaksa Dalam Rekrutmen CASN 2024

Delegasi.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) membuka lowongan kerja bagi calon…

1 minggu ago

Serena Francis Siap Bertarung Dalam Pemilihan Walikota Kupang, Kalangan Milenial Siap Dukung

Delegasi.com - Serena Cosgrova Francis, seorang kader Partai Gerindra yang kini melanjutkan pendidikan masternya di…

2 minggu ago

Kabar Gembira, Pemprov NTT Siapkan 12.489 Lowongan untuk CPNS dan PPPK Tahun 2024

Delegasi.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) bersiap membuka 12.489 lowongan untuk calon…

2 minggu ago

Uni Eropa Akan Terapkan UU Anti-Pencucian Uang, Aset Kripto Menjadi Sasaran

Delegasi.com - Uni Eropa (UE) berencana untuk memperketat regulasi terkait aset kripto dengan menerapkan aturan…

2 minggu ago

Susu Oat vs Susu Almond: Duel Alternatif Sehat Susu Sapi

delegasi.com - Susu oat dan susu almond kini populer sebagai alternatif susu sapi yang lebih…

2 minggu ago

Kisah Zhang, Lulus S3 di Usia 16 Tahun, Kini Tak Punya Pekerjaan dan Menggelandang

Delegasi - Zhang Zhiqiang adalah seorang pemuda asal China yang menjadi sorotan publik pada tahun…

7 bulan ago