Aung San Suu Kyi, Pemimpin de facto Myanmar yang Dikudeta

  • Bagikan
Aung San Suu Kyi, Pemimpin de facto Myanmar //Foto: ISTIMEWA

DELEGASI.COM – Kudeta militer terjadi di Myanmar setelah pemimpin de facto negara itu, Aung San Suu Kyi, ditahan oleh pihak militer pada Senin (1/2/2021).

Selain Suu Kyi, sejumlah tokoh senior dari partai National League for Democracy (NLD) ditangkap dalam sebuah penggerebekan pada Senin dini hari.

Baca Juga : Broker Forex Terbaik Yang Resmi di Rilis BAPPEBTI 2023

Penahanan Suu Kyi dan politikus dari partai NLD terjadi setelah ketegangan yang meningkat selama beberapa hari terakhir antara pemerintahan sipil dengan militer.

Militer Myanmar, yang dikenal sebagai Tatmadaw, menuduh NLD telah mencurangi hasil pemilu November 2020, sehingga bisa menang telak.

Menjadi tahanan militer bukan pertama kalinya dialami Suu Kyi.  Perempuan kelahiran 19 Juni 1945 itu sebelumnya pernah menjadi tahanan rumah antara tahun 1989 hingga 2010. Hal itu setelah dia berperan sebagai tokoh oposisi Myanmar yang konsisten menyuarakan demokrasi.

Darah politik Suu Kyi barangkali diturunkan dari ayahnya, Aung San, Perdana Menteri Myanmar di era kolonial Inggris, yang tewas dibunuh saat mempersiapkan kemerdekaan negara itu. Ketika ayahnya terbunuh, Suu Kyi masih berusia

Selengkapnya, berikut ini infografik sosok pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi:  Lihat Foto Infografik: Aung San Suu Kyi, Pemimpin de facto Myanmar .

//delegasi (kompas)

Komentar ANDA?

  • Bagikan