Home / Sosbud / BKB Alfa Omega II Raih Peringkat Terbaik
Kota Kupang
BKB Alfa Omega II

BKB Alfa Omega II Raih Peringkat Terbaik

Kupang, Delegasi.Com– Bina Keluarga Balita (BKB) Alfa Omega II yang beralamat di Kelurahan Manutapen, Kota Kupang meraih peringkat terbaik untuk kriteria kelompok BKB dalam lomba kelompok BKB, BKR,BKL,PIK-R, dan UPPKS tingkat Kota Kupang tahun 2018.

Perolehan peringkat terbaik BKB itu tertuang dalam keputusan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Kupang dengan nomor DPPKB.220/ 93A.1/III/2018.

Sedangkan peringkat terbaik untuk kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR) diraih BKR Alamanda. Kriteria Bina Keluarga Lansia (BKL) diraih Melati 1, kriteria Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) diraih SMPK St. Joseph. Kriteria Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) diraih Petra Cilik.

“Penetapan pemenang lomba untuk kelompok BKB, BKR,BKL,PIK-R, dan UPPKS terbaik tingkat Kota Kupang tahun 2018 berdasarkan penilaian tim penilai lomba yang memenuhi syarat yang ditetapkan,” kata Kepala DPPKB Kota Kupang, Retnowati dalam surat keputusannya yang copiannya diterima media ini, Kamis (19/4/2018).

Ketua Kelompok BKB Alfa Omega II, Juliana Pitay menjelaskan, pembentukan kelompok BKB Alfa Omega II bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran ibu dan anggota keluarga lainnya tentang proses tumbuh kembang balita dalam aspek fisik, mental, sosial serta pelayanan terpadu dan tepat yang tersedia bagi anak secara holistik integratif.

Tujuan lainnya, meningkatkan keterampilan ibu dan anggota keluarga lainnya dalam pengasuhan tumbuh kembang anak secara optimal dengan stimulus mental dengan menggunakan alat permainan edukatif dengan memanfaatkan pelayanan yang tersedia.

Juliana menyampaikan, kegiatan kelompok BKB Alfa Omega II dilaksanakan di gedung PAUD Alfa Omega II yang berada di wilayah RT/RW, 22/07 Kelurahan Manutapen, Kecamatan Alak .

“Anggota kelompok adalah warga masyarakat dan orang tua balita Kelurahan Manutapen,” kata Juliana.

Ia menerangkan, masyarakat Manutapen yang merupakan sasaran dan anggota kelompok BKB Alfa Omega II sebagai berikut, jumlah keluarga yang mempunyai balita ada 58 kepala keluarga (KK), jumlah keluarga yang aktif dalam kelompok BKB ada 17 KK. Jumlah keluarga yang memiliki KKA ada 70.

Selain itu, jumlah pasangan usia subur (PUS) anggota BKB ada 58 pasangan. Jumlah PUS anggota BKB yang mengikuti KB ada 44 anggota. Jumlah yang ingin punya anak segera lima anggota. Jumlah yang ingin anak ditunda ada dua anggota, dan jumlah yang tidak ingin anak ada dua anggota.

“Kegiata kelompok BKB Alfa Omega II terintegrasi dengan Kementerian Sosial RI, Forum Anak Kelurahan, dan PAUD,” terang Juliana.//Delegasi (shonny ludoni)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Wawali Buka Pelatihan Staf SR dan SSR Program Malaria PERDHAKI Region NTT

KUPANG-DELEGASI.COM–Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Staf dalam Pengelolaan ...